SOLOPOS.COM - Penampakan wajah Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang setelah dipukul Habib Bahar bin Smith. (Istimewa)

Solopos.com, BOGOR — Setelah dua kali terseret kasus penganiayaan, pendakwah Bahar bin Smith atau lebih dikenal dengan panggilan Habib bahar kembali terlibat kasus serupa. Ia dilaporkan memukul rekannya sesama narapidana LP Gunung Sindur Bogor yakni Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang.

Pangkal persoalannya adalah utang piutang. Ryan Jombang yang divonis hukuman mati akibat membunuh 11 orang, dibuat tak berdaya oleh Bahar bin Smith.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut versi Pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji, kliennya itu sering meminjamkan uang kepada Bahar. Adapun pemukulan itu terjadi pada Senin (16/8/2021) lalu. Ryan terluka di bagian wajah akibat bogem mentah Habib Bahar.

Dari foto yang beredar, terlihat kondisi salah satu mata Ryan Jobang lebam. Sedangkan di bagian bibirnya pun terluka.

Baca Juga: Habib Bahar Vs Ryan Jombang: Saat Pembunuh Berantai Dihajar Pendakwah Enteng Tangan Gegara Uang

Ketika dimintai konfirmasi detik.com, Kasman membenarkan bahwa foto tersebut adalah Ryan. Kasman mengatakan kondisi Ryan kini sudah membaik.

“Sehat sekarang. Cuma matanya masih agak bengkak,” kata Kasman, Kamis (19/8/2021).

Menurut Kasman, kasus ini bermula Bahar yang kerap meminjam uang kepad Ryan Jombang hingga nilainya mencapai Rp10 juta. “Memang Bahar itu masih tersangkut uang ke Ryan, Rp10 jutaan lebih-kurang. Ryan kan nagih-nagih dong, cuma Ryan nggak pernah mau ribut,” kata Kasman.

Singkatnya, ketika Ryan datang ke blok Habib Bahar, Ryan melihat ada sejumlah uang di situ. Ryan kemudian mengambilnya dan membuangnya ke tempat sampah.

Setelah itu, terjadilah pemukulan kepada Ryan. Ryan terluka di bagian wajah akibat pukulan tersebut.

Baca Juga: MAINAN ANAK : Hiii…Sumanto dan Ryan Jombang Jadi Action Figure

Bantahan Kubu Bahar Bin Smith

Keterangan berbeda disampaikan Ichwan Tuankotta, kuasa hukum Bahar bin Smith. Meski membenarkan adanya insiden tersebut, dia membantah bila utang Rp10 juta jadi pemicu Bahar memukul Ryan Jombang.

“Kita juga kan punya informasi bahwa habib tidak berutang. Tidak mungkin lah habib berutang, pondoknya saja jelas, ada penghasilan keluarga dan muridnya. Artinya ada penghasilan lah habib ini, jadi kalau ada utang sama Ryan ya enggak masuk akal,” tutur dia.

Ichwan menambahkan masih mengecek kebenaran kabar tersebut. Dia juga masih akan mengecek apakah benar Bahar yang memukul atau orang lain.

Baca Juga: MAINAN ANAK : Hiii…Sumanto dan Ryan Jombang Jadi Action Figure

“Kita belum tahu soal itu makanya nanti coba kita cek atau mungkin kita juga nggak tahu habib Bahar kan banyak murid juga di sana. Apakah habib yang mukul atau muridnya yang mukul. Kan tahu sendiri di Lapas Gunung Sindur banyak banget kan [napi]. Kita nggak tahu kalau habib Bahar dicolek dikit sama Ryan kan mungkin muridnya ngamuk terus dilimpahkan kesalahannya ke habib Bahar makanya kita mau tabayyun dulu nih dengan Habib Bahar,” kata Ichwan.

Kalapas Gunung Sindur Mujiarto mengatakan insiden tersebut sudah diselesaikan secara internal. Menurut dia, perselisihan antara Bahar dan terpidana pembunuhan berantai itu bisa diredam.

“Sudah kami selesaikan, dalam arti, Ryan juga tidak keberatan. Memang dia yang salah, ada kesalahanlah, biasa di lapas,” ucap Kalapas Gunung Sindur Mujiarto saat dikonfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya