Pembukaan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Tanpa Acara Gemerlap
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Antara/Puspa Perwitasari)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia memastikan tidak ada acara khusus dalam pembukaan Piala Dunia U-20 2021. Hanya ada kata sambutan dari FIFA dan pemerintah dalam ajang yang digelar Mei-Juni 2021 tersebut.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti panitia agar menyiapkan protokol kesehatan ketat agar penyelenggaraan turnamen aman dari persebaran Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan pembukaan Piala Dunia U-20 tak akan dimeriahkan seremonial gemerlap seperti Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Hal itu, imbuhnya, sesuai arahan FIFA yang memaknai pembukaan cukup dengan pertandingan di hari pertama.

Dinkes Karanganyar Tingkatkan Langkah Antisipasi Covid-19

“Alokasi waktunya terbatas, sekitar delapan menit untuk sambutan FIFA dan pemerintah saja. Kebiasaan di Piala Dunia U-20, pertandingan [perdana] itulah pembukaannya,” ujar Menpora usai rapat terbatas tentang Persiapan Piala Dunia U-20 2021 dengan Presiden Joko Widodo dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dilansir Detik.com, Selasa (20/10/2020).

Menpora mengakui sempat berencana merancang acara pembukaan tiga jam sebelum kick off laga perdana, pukul 19.00 WIB. Namun hal itu urung dilakukan karena Presiden meminta panitia mengikuti arahan FIFA. PSSI sendiri masih menunggu kedatangan FIFA untuk menginspeksi venue turnamen.

Cek Kesiapan

FIFA sejatinya dijadwalkan mengecek kesiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Maret lalu. Pandemi global Covid-19 membuat rencana itu diundur September. Namun hingga akhir Oktober FIFA belum kunjung datang ke Indonesia.

“Perkembangan venue sementara dilaporkan melalui foto atau video supaya FIFA bisa melihat,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo meminta penyelenggara memastikan Indonesia aman menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. “Kita harus meyakinkan Indonesia telah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga aman untuk dikunjungi dan jadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021,” tegas Jokowi dalam rapat terbatas.

RSU Aisyiyah Ponorogo Mulai Layani Tes PCR, Sehari Bisa Diagnosa 90 Spesimen Corona

Sebagai informasi, pemerintah sudah menunjuk enam venue sebagai penyelenggara turnamen yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom