SOLOPOS.COM - Budidaya ikan air tawar (ilustrasi)

Pembudidayaan ikan yang dilakukan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Pamuji Inggil Desa Beji, Banyumas mendapat pengakuan nasional.

Kanalsemarang.com, BANYUMAS-Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pamuji Inggil Desa Beji menjadi wakil Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, untuk mengikuti lomba pokdakan tingkat nasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Rencananya, tim penilai tingkat nasional akan datang ke Pokdakan Pamuji Inggil Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, pada Rabu [21/10/2015],” kata Camat Kedungbanteng Purjito di Kedungbanteng, Banyumas, Senin (19/10/2015).

Dalam hal ini, kata dia, tim penilai akan menilai kelembagaan Pokdakan Pamuji Inggil yang sebelumnya menjadi juara pertama lomba tingkat Kabupaten Banyumas maupun Provinsi Jawa Tengah.

Menurut dia, Pokdakan Pamuji Inggil akan dinilai terkait bagaimana upaya memberi kesejahteraan kepada anggotanya.

“Selain itu, pemahaman tentang ketahanan pangan di bidang asupan protein hewani kepada masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya ingin menggugah kembali budi daya ikan gurami yang pernah menjadi ikon Desa Beji.

Berdasarkan data, luas kolam di Desa Beji mencapai 38.240 hektare yang dikelola oleh 12 pokdakan dan sebagian besar dimanfaatkan untuk budi daya ikan gurami.

Ikan gurami merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Banyumas yang produksinya pada tahun 2015 ditarget mencapai 3.500 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya