SOLOPOS.COM - Bayi yang ditemukan di Sanggrahan diserahkan kepada petugas Dinas Sosial Sukoharjo di aula Puskesmas Grogol, Sukoharjo, Selasa (15/11/2016). (JIBI/Solopos/Istimewa)

Pembuangan bayi Sukoharjo, bayi yang ditemukan warga Sanggrahan, Grogol, di teras rumah dititipkan ke YPAB.

Solopos.com, SUKOHARJO — Bayi yang ditemukan warga Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, di teras rumahnya, Jumat (11/11/2016), diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo untuk selanjutnya dititipkan ke Yayasan Pemeliharaan Anak dan Bayi (YPAB), Jebres, Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penitipan bayi yang saat ditemukan masih ada tali pusarnya ini ke YPAB demi kelangsungan perawatan bayi tersebut. Sebelumnya, bayi itu dirawat di Puskesmas Grogol. Baca juga: Warga Sanggrahan Temukan Bayi Baru Lahir di Teras

Ekspedisi Mudik 2024

Kapolsek Grogol AKP Sarwono didampingi Kasubbag Humas Polres Sukoharjo AKP Joko Sugiyanto mengatakan bayi itu sudah diserahkan ke Dinsos Sukoharjo. Bayi itu diterima Marlina, petugas Dinsos,  dari petugas Puskesmas Grogol, Endang, disaksikan Kanit Binmas Polsek Grogol, Ipda Tri Mulyana.

Bayi tersebut selanjutnya dititipkan ke YPAB di Kecamatan Jebres, Kota Solo. Kapolsek mengaku menerima banyak permohonan dari warga yang ingin mengadopsi bayi namun belum diluluskan.

”Warga sekitar antusias memberikan donasi dan bersedia mengadopsi bayi saat berada di Puskesmas Grogol. Namun, Dinsos masih menunggu waktu tiga-enam bulan, siapa tahu orang tua bayi atau pelaku pembuangan bayi mencarinya lagi. Polisi masih menyelidiki pelaku pembuang bayi tersebut.”

Kasubbag Humas Polres Sukoharjo menambahkan apabila orang tua bayi belum ditemukan masyarakat diperbolehkan mengadopsi sesuai aturan perundangan.

Terpisah, Kepala Dinsos Sukoharjo, Guntur Subiyantoro, membenarkan penyerahan bayi dari kepolisian. “Bayi itu sudah diteruskan ke Dinsos Solo untuk dirawat di YPAB.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya