SOLOPOS.COM - Bayi laki-laki yang dibuang di saluran irigasi dibawa petugas dengan ditutup kain dan plastik di Bendo, Daleman, Tulung, Sabtu (8/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Identitas pelaku pembuangan bayi laki-laki di saluran irigasi wilayah Bendo RT 010/RW 002, Daleman, Tulung, Klaten, Sabtu (8/2/2020) lalu, akhirnya terungkap. Pelaku tersebut seorang perempuan berinisial DE.

DE ditangkap aparat Polsek Tulung, Klaten, Senin (10/2/2020) sore.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penangkapan Pelaku

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Polsek Tulung langsung menyelidiki kasus pembuangan bayi laki-laki yang ditemukan di saluran irigasi di Bendo, Daleman, Klaten, Sabtu pukul 13.00 WIB lalu.

Saat penyelidikan itu, polisi sempat memeriksa sejumlah saksi. Dalam perkembangannya, polisi memperoleh petunjuk terkait penemuan kasur busa dan seprai, Minggu (9/2/2020).

Pengamat: Fit & Proper Test Cuma Formalitas, Gibran-Purnomo Sudah Jadi

Kasur busa dan seprai yang terdapat darah seseorang itu ditemukan berjarak sekitar 50 meter dari lokasi penemuan bayi.

Jajaran Polsek Tulung lalu menangkap seorang warga berinisial DE di Daleman, Senin sore.

Dilimpahkan ke Unit PPA

Selanjutnya, kasus DE langsung dilimpahkan ke unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Klaten. Diduga kuat DE membuang bayi laki-laki itu pada Sabtu dini hari.

Jokowi ke Australia, Veronica Koman Sodori Daftar Ratusan Korban Tewas Papua

“Kasusnya sudah dilimpahkan ke Polres Klaten. Penangkapan kemarin [Senin sore] berdasarkan pada bukti-bukti sekaligus ada pengakuan juga. Di antara barang bukti itu, yakni seprai. Lebih lanjutnya silakan ke Satreksrim Polres Klaten,” kata Kapolsek Tulung, Iptu Jaka Waluyo, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, kepada Solopos.com, Selasa (11/2/2020).

Hindari Motor Ngerem Mendadak, Bus Mira Sosor Kios di Mendungan Kartasura

Pertama Kalinya

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Daleman, Mursito, mengatakan pemerintah desa (pemdes) telah mengumpulkan kepala RT di sekitar lokasi penemuan bayi laki-laki di Bendo, Daleman, Sabtu (8/2/2020) malam.

Peristiwa pembuangan bayi itu merupakan kali pertama terjadi di desanya.

Lucinta Luna Resmi Ditahan di Sel Perempuan, Tapi…

“Kami harapkan tidak ada lagi kasus tersebut ke depannya. Kami juga terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat, terutama kalangan pemuda terkait antinarkoba, menghindari pergaulan bebas, dan kegiatan lainnya. Soal hukum, kami serahkan ke aparat polisi. Kami tak berkomentar soal hukum,” katanya.

Berlaku di Solo, Ini Bocoran Tes Psikologi Pemohon SIM

Penemuan Bayi

Sebagaimana diketahui, warga di Bendo, Daleman, Tulung digegerkan penemuan bayi laki-laki di saluran irigasi setempat, Sabtu. Bayi laki-laki itu ditemukan tiga bocah yang tengah mencari cacing di lokasi penemuan.

Saat ditemukan, bayi sudah meninggal dunia.

Hati-hati, Ini Bahaya Minum Air Panas!

Bayi laki-laki itu dibuang dalam kondisi telanjang dengan plasenta atau ari-ari masih utuh atau belum terpotong.

Berat bayi lengkap dengan plasentanya berkisar 4 kilogram. Panjang bayi sekitar 50 cm.

Pendaftaran SNMPTN di Depan Mata, Ini Daftar Jurusan Kuliah Termurah

Saat ditemukan warga, bayi dalam posisi miring ke kiri di saluran irigasi di Bendo. Di bagian telinga kanan sudah dikerubuti semut.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya