PEMBIAYAAN : Target Pembiayaan Mokas Diprediksi Naik 20%
Senior Vice President Adira Finance Sugiarto saat menyerahkan hadiah utama undian Mokas kepada Siswanto di Hotel Harper Jogja, Kamis (12/3/2015). (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Pembiayaan untuk mokas pada tahun ini diperkirakan naik.

Solopos.com, JOGJA– Adira Finance optimis pertumbuhan pembiayaan motor bekas (mokas) tahun ini akan naik 20% dari sekitar 500.000 menjadi 600.000 unit. Untuk mencapai target tersebut Adira Finance melakukan beberapa strategi, seperti menggelar program undian berhadiah Adira Xtra Bonus.

Senior Vice President, Head of National Used Motorcycle Marketing PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance), Sugianto mengatakan, program tersebut digelar sejak 1 Maret hingga 15 Oktober mendatang. Pihaknya menyediakan hadiah fantastis mulai 125 sepeda motor, 100 paket umrah,  10 unit avanza, 150 emas batangan 20 gram dan Rp200 juta modal tunai.

"Program ini kami harapkan dapat memotivasi masyarakat memilih Adira Finance untuk kredit motor bekas," kata Sugi sapaan akrabnya, di sela Media Gathering Mokas Gebyar Hadiah Adira Finance di Hotel Harper Jogja, Kamis (12/3/2015).

Menurut dia, tahun lalu pertumbuhan bisnis mokas di Adira Finance hanya tumbuh tipis sekitar 2%. Hal itu dikarenakan kondisi ekonomi yang tidak menguntungkan akibat stagnannya pertumbuhan ekonomi selama 2014. Padahal, katanya, tahun-tahun sebelumnya pembiayaan mokas bisa tumbuh diangka 50%.

Untuk tahun ini, pihaknya optimis bisa menaikkan target pembiayaan mencapai 20%. Sugi beralasan, kondisi makro ekonomi tahun ini diperkirakan lebih baik dari tahun lalu karena pemerintah akan fokus untuk meningkatkan ekonomi menengah ke bawah. "Bisnis Mokas akan tumbuh kalau perekonomian menegah ke bawah ikut tumbuh. Mokas sendiri masih dibutuhkan sebagai sarana transportasi yang ekonomis," ujar Sugi.

Ditambahkan Vice President, Head of Used Motorcycle Marketing PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance), Michael Stave Saputra, pembiayaan mokas Adira Finance diberikan untuk mokas dengan usia hingga delapan tahun. Sementara untuk tenor pembiayaannya, Adira Finance memberikan hingga 10 tahun. Untuk down payment (DP)- nya, Adira Finance tetap menggunakan acuan DP 20%-25%.

"Suku bunga kredit tidak kami ekspose tetapi kami menonjolkan angsuran murah. Bisnis Mokas biasanya tidak menonjolkan besar kecilnya bunga, tapi bagaimana ansuran murah. Itu tergantung harga Mokas yang diberikan," jelasnya.

Di wilayah Jawa Tengah dan DIY, target pembiayaan naik dari sebelumnya 70.000 unit (2014) menjadi 90.000 unit (2015). Begitu juga dengan kerja sama Adira dengan dealer yang dinaikkan 10%. Secara nasional pihaknya bekerjasama dengan 4000 pengusaha Mokas, sebanyak 600 pengusaha di antaranya berada di DIY Jateng.

"Rata-rata pembiayaan yang kami berikan sebesar Rp9 juta per motor. Kalau triwulan pertama tahun ini pembiayaan kami sudah 100.000 unit Mokas, maka total pembiayaan yang kami salurkan mencapai Rp900 Miliar," tutupnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho