SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Pemberantasan illegal fishing terus digalakkan oleh Menteri Susi.

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti akan memanggil Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia sebagai tindak lanjut pengamanan delapan anak buah kapal (ABK) kapal ikan asing (KIA) KM Kway Fey 10078. Kapal tersebut diketahui masuk ke wilayah perairan Indonesia di Perairan Natuna, Minggu (20/3/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Besok saya akan panggil Dubes Tiongkok untuk datang ke kantor,” ujar Menteri Susi saat konferensi pers di rumah dinasnya, Komplek Widya Chanda V, Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Menteri Susi menyayangkan sikap arogansi Tiongkok yang seolah melindungi KM Kway Fey 10078 yang akan melakukan illegal fishing. Saat penyidik dari KP Hiu 11 telah mengamankan 8 ABK KM Kway Fey 10078, tiba-tiba kapal coast guard Tiongkok mendekat dan menabrak kapal yang ditumpangi 8 ABK tersebut.

Menteri Susi menambahkan sebanyak tiga personel KP Hiu 11 kemudian melompat ke KM Kway Fey 10078 dan berhasil melumpuhkan awak kapal. Namun, KM Kway Fey 10078 berhasil dibawa kabur oleh coast guard asal Tiongkok yang datang merapat.

“Delapan ABK kapal tangkapan dipindahkan ke KP Hiu 11. Pemeriksaan dan pemindahan ABK kapal tangkapan di KP Hiu lalu dibawa. Tapi bukti berhasil dibawa kabur. Di sini Tiongkok arogan,” tegas Menteri Susi sebagaimana dilansir Kkp.go.id, Senin (21/3/2016).

Saat ini, Menteri Susi berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait adanya intervensi petugas keamanan asal Tiongkok.

“Sampai tadi malam jam 02.00, saya masih berhubungan dengan tim terkait masalah ini. Ini ada permasalahan besar dan sangat penting,” tutup Menteri Susi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya