PEMBERANTASAN ILLEGAL FISHING : Langgar Kedaulatan RI, 3 Kapal Filipina Ditangkap

 Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pemberantasan illegal fishing digalakkan oleh pemerintah. Sedikitnya tiga kapal Filipina ditangkap oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Solopos.com, JAKARTA Pemerintah melalui Satuan Tugas Pemberantasan Illegal Fishing yang di komandani Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menangkap tiga Kapal Perikanan Asing (KIA). Kali ini kapal yang ditangkap oleh KRI Hiu milik TNI AL ini adalah kapal berbendera Filipina.

PromosiRatusan Jiwa di Jawa Tengah Dipasung Karena Alasan Malu dan Aib

Kapal-kapal yang ditangkap pada, Minggu (8/11/2015), yang lalu itu terdiri dari 1 kapal pengangkut ikan dan 2 kapal penangkap ikan. Ketiga kapal tersebut ditangkap karena melanggar kedaulatan Republik Indonesia dengan menangkap ikan di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia tanpa izin. Ketiga KIA itu, kemudian langsung dikawal menuju Lanal Tahuna, Sulawesi Utara.

Ketiga kapal tanpa muatan ikan seperti dilansir kkp.go.id, Rabu (11/11/2015), dengan seluruh ABK WNA asal Filipina itu disinyalir belum sempat menangkap ikan. Kapal Trinity S-850 berukuran 109 GT, merupakan jenis kapal pengangkut ikan. Sedangkan F/B LBS 40, berukuran 18 GT dan F/B CA Jhun-jhun,yang berukuran 30 GT adalah jenis kapal penangkap ikan.

Penangkapan tiga kapal illegal fishing ini, tak lepas dari hasil kerja sama KKP dengan TNI AL. Susi mengaku, mendapat laporan ini dari Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda Widodo.

“Setelah mendapat laporan dari Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda Widodo, kami langsung menangkap ketiga kapal. Yakni, kapal Trinity S-850 dengan awak enam orang, kemudian kapal LBS 40 awak tiga orang, terakhir kapal Jhun-Jhun dengan awak 23 orang”, jelas Susi saat konferensi pers, di rumah dinasnya, Widya Candra, Jakarta (10/11/2015).

Saat mendampingi Menteri Susi sore itu, Widodo mengatakan pihaknya akan terus mengawasi wilayah perairan teritorial Indonesia dari kapal illegal fishing. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin, untuk melakukan pemantauan”, tutupnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Digosipkan dengan Raffi Ahmad, Siapa Mimi Bayuh?

Nama Mimi Bayuh menjadi sorotan setelah muncul gosip selingkuh dengan Raffi Ahmad, siapa wanita ini?

Viral! Cerita Wisatawan Dipaksa Naik Jip ke Bunker Kaliadem Merapi

Rombongan wisatawan yang hendak ke obyek Bunker Kaliadem dipaksa untuk menggunakan jasa mobil jip, cerita itu kemudian viral di media sosial.

Dapat Tugas Menangani Minyak Goreng, Benarkah Luhut Punya Usaha Sawit?

Mendapat tugas untuk mengatasi masalah minyak goreng, apakah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan punya perkebunan sawit?

Jalan Dakwah Habib Novel Alaydrus

Habib Novel Alaydrus adalah tokoh Islam asal Solo yang menghidupi umat dengan dakwah sejuk.

30 Tahun Dewa 19 Berkarya: Nostalgia dan Rejuvenasi di Kota Asal

Grup band Dewa 19 menyajikan perpaduan nostalgia dan rejuvenasi atau peremajaan untuk merayakan 30 tahun berkarya di belantika musik Indonesia.

All New Tracker RS, SUV Kecil dari Chevrolet

Chevrolet mengenalkan sport utility vehicle atau SUV berukuran kecil, All New Tracker RS khusus untuk pasar otomotif di China.

Begini Serunya Kejuaraan Karapan Sapi di Sampang Jatim

Kejuaraan digelar dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan sekaligus ajang promosi wisata

Johnny Depp Menyangkal Testimoni Amber Heard

Pada Rabu (25/5/2022), Johnny Depp dan pengacara menyangkal testimoni Amber Heard yang mengklaim sang aktor melakukan kekerasan fisik.

Warga Keluhkan Jalan Rusak, Ini Penjelasan Sekda Ponorogo

Warga mengeluhkan kondisi jalan rusak yang ada di beberapa titik di Ponorogo.

Kian Menjanjikan, Begini Kiat Bisnis Usaha Bunga Papan

Pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menggerakkan ekonomi Solo termasuk bisnis bunga papan.

Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Timnas Indonesia U-19 telah menuntaskan pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan Jakarta sejak 16 Mei 2022 untuk menghadapi Toulon Cup Prancis.

Kenapa Wanita Hamil Ngidam? Ini Penjelasannya

Tidak sedikit wanita hamil mengalami ngidam atau ingin menyantap makanan tertentu, kenapa hal ini bisa terjadi?

Ini Momen Presiden Jokowi Lepas Masker saat Bertemu Warga Solo

Presiden membagikan bantuan modal kepada pedagang di Pasar Gede dan Pasar Harjodaksino Solo

Sambut HUT ke-25, Solopos Salurkan Bantuan ke PSAA Hosana Karanganyar

Solopos Media Group menyalurkan bantuan ke PSAA Hosana di Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, dalam rangka HUT ke-25 Solopos.

Pasar Hewan Ditutup 2 Pekan, Pedagang Sapi Boyolali: Serba Repot

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menutup seluruh pasar hewan di wilayah setempat selama dua pekan, mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).