SOLOPOS.COM - Pemain asal Pantai Gading, Guy Ronald Houahoua (tengah), mengikuti latihan bersama Persis Solo di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (16/1). JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha

Solopos.com, SOLO—Seleksi pemain Persis Solo kembali dibanjiri muka-muka baru. Setidaknya, terdapat tiga legiun asing dan tiga pemain dari luar Jawa yang mengikuti latihan tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (16/1) sore.

Namun, sosok tiga ekspatriat yang mencoba peruntungan membela Laskar Sambernyawa di Divisi Utama 2013/2014 tersebut masih sangat asing di telinga pencinta sepak bola Tanah Air. Maklum ketiganya belum pernah merumput di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dua dari tiga pemain asing tersebut berasal dari Pantai Gading, Guy Roland Houahoua (striker/gelandang serang) dan Hounwanou Noel (gelandang). Adapun sisanya, berdarah Belanda, Jos van Beuningen (bek tengah).

Houahoua dan Noel langsung mengikuti game yang dipimpin pelatih Widyantoro. Sementara Noel baru menyaksikan rekan-rekannya di pinggir lapangan dan mengaku baru akan merumput, Jumat (17/1).

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk sekali latihan, [kemampuan] mereka belum kelihatan. Kami akan coba dahulu. Mungkin Sabtu [18/1] baru diputuskan,” jelas Wiwid, sapaan akrab Widyantoro, ketika dijumpai wartawan seusai latihan di Sriwedari.

Sementara itu, tiga pemain luar Jawa yang mengikuti latihan sejak Kamis pagi, langsung dicoret dalam seleksi ini. Wiwid mengaku kemampuan ketiganya belum sesuai dengan harapan tim berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut.

“Yang dari Papua akan langsung kami pulangkan,” tegas dia.

Sejak seleksi Persis dibuka pada November, tercatat setidaknya ada delapan legiun asing yang mencoba mengikuti seleksi Laskar Sambernyawa. Sayangnya, sejauh ini hanya bek tengah asal Argentina, Marcelo Cirelli, yang sepertinya sukses memenangi hati Widyantoro.

Proses seleksi pemain asing ini pun terkesan berjalan kurang efektif dan membuat Wiwid dalam posisi dilematis. Pasalnya, tak sedikit legiun asing itu akhirnya terpaksa dipulangkan karena kemampuannya masih dinilai pas-pasan. Di sisi lain, pemain seperti Cirelli yang jelas-jelas sudah diamini kapasitasnya oleh pelatih, justru belum bisa dikontrak karena masih alotnya proses negosiasi sang pemain dengan manajemen.

“Kalau dibilang buang-buang waktu, juga ya, karena harus menyeleksi lagi. Tapi juga bisa dibilang tidak buang-buang waktu, karena memang masih perlu pemain lagi [menyusul belum dikontraknya Cirelli dan belum kembalinya Liswanto]. Skuat kami belum terkumpul semua, ini kan keluar-masuk,” jelas Wiwid.

Wiwid memang belum puas dengan amunisi yang dimilikinya saat ini. Eks arsitek PSS Sleman tersebut masih membidik pemain baru, khususnya di bagian bek tengah dan bek kiri.
“Kalau untuk pemain asing, saya pikir dua cukup. Kalau Cirelli bisa, kami tinggal cari gelandang. [Gelandang asal Brasil, Diego] Santos sempat bilang mau coba seleksi lagi, tapi belum tahu bagaimana keputusannya nanti. Soalnya dia memang tempramennya kurang bagus,” jelas Wiwid.

Jos van Beuningen mengaku mengenal Persis dari You Tube. Pemuda berusia 25 tahun yang pernah membela tim divisi tiga asal Belanda, Rijnsburgse Boys, (2007-2012) itu tertarik mengikuti seleksi Persis karena mendapat kabar dari sang agen bahwa Laskar Sambernyawa sedang membutuhkan bek sentral. Beuningen yang tinggal di Indonesia sejak enam bulan terakhir, pun tanpa malu mengatakan pernah mencoba mengikuti seleksi di Persib Bandung.

“Pernah coba seleksi di Persib, tapi karena kuota pemain asing di sana sudah cukup, saya tak bisa masuk,” urai Beuningen, yang juga mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Legiun Asing dalam Seleksi Persis Divisi Utama 2013/2014
No Nama Asal Posisi Status
1 Nnana Onana Kamerun Bek Tengah Dipertimbangkan
2 Basile Onambele Kamerun Gelandang Dicoret
3 Nnengue Benvenue Kamerun Penyerang Dicoret
4 Marcelo Cirelli Argentina Bek Tengah Negosiasi
5 Diego Santos Brasil Gelandang Dicoret
6 Guy Roland Houahoua Pantai Gading Striker/Gelandang Serang Seleksi
7 Hounwanou Noel Pantai Gading Gelandang Seleksi
8 Jos van Beuningen Belanda Bek Tengah Seleksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya