PEMBEKUAN PSSI : Cipta Lesmana: Cabut Pembekuan PSSI Tanpa Syarat

PEMBEKUAN PSSI : Cipta Lesmana: Cabut Pembekuan PSSI Tanpa Syarat

SOLOPOS.COM -

Pembekuan PSSI jadi topik diskusi Jakarta Lawyer Club (JLC). Kesimpulannya Menpora diminta cabut pembekuan agar Indonesia tidak diberi sanksi FIFA.

Solopos.com, SOLO -- Mantan Ketua Komite Banding PSSI Prof Tjipta Lesmana meminta Menpora Imam Nahrowi segera mencabut pembekuan PSSI tanpa syarat. Karena kondisi persepakbolaan di Indonesia sudah sangat gawat.

"Ini sudah gawat, tolong Pak Gatot (Gatot S Dewabroto juru bicara Menpora) disampaikan ke Pak Menpora agar segera mencabut keputusannya membekukan PSSI. Karena tanpa PSSI kompetisi sepakbola tidak akan berjalan dan tak diakui FIFA," tandas Tjipta Lesmana ketika menjadi salah satu nara sumber diskusi Jakarta Lawyer Club (JLC) di studio TVOne, Selasa (13/5/2015) malam.

Diskusi bertajuk "Menpora vs PSSI: Sepak Bola Mati Suri" itu menghadirkan tokoh-tokoh sepak bola, mulai pemain, pelatih, pengamat, hingga Ketua PSSI La Nyalla Mattalata serta juru bicara Kemenpora Gatot S Dewobroto.

Pada kesempatan itu Tjipta Lesmana menyatakan keheranannya dengan sikap Menpora dan juru bicaranya, Gatot S Dewobroto yang hadir di diskusi itu, ngotot membekukan PSSI dan kemudian mengganti dengan tim transisi.

"Wah Pak Mentri dan Pak Gatot ini tidak pernah membaca soal statuta FIFA. Tolong Pak, dibaca...dibaca... Suka tidak suka, sepak bola itu yang ngatur memang FIFA," tandasnya.

Bahkan budayawan Betawi Ridwan Saidi pada kesempatan itu juga berbicara keras bahwa campur tangan pemerintah terhdap sepak bola di negeri ini sudah keterlaluan. "Anda tidak hanya merusak sepak bola di negeri ini, tapi sudah menghancurkan peradaban bangsa," tandasnya.

Sementara itu pengamat dan jurnalis olah raga Ian Sitomorang meminta agar sepak bola tidak diseret-seret ke ranah politik. "Rumor politik sudah beredar ke mana-mana, karena ini persoalan KIH dan KMP, ini persoalan Ketua PSSI La Nyalla dan Menpora Imam Nahrowi yang berbeda partai. Rumor ini semoga tidak menjadi kenyataan, karena kalau iya, rusaklah sepak bola kita," papar Ian.

Ketua PSSI La Nyalla Mattalata sendiri pada kesempatan itu menyatakan dirinya tidak kurang-kurang mengajak kompromi untuk menyelsaikan persoalan ini. "Kalau Menpora tetap kepada keputusannya membekukan PSSI dan tidak mencabut sampai batas waktu 29 Mei, maka sanksi FIFA pasti akan dijatuhkan," paparnya.

Pemain Arema Malang Gonzales dan pelatih Persija Jakarta Rahmad Darmawan juga menghimbau agar Menpora dan PSSI bersatu, segera menyelesaikan permasalahan agar kompetisi bisa bergulir kembali.

"Sepak bola ini passion kami, kebanggan hidup kami dan satu-satunya penopang hidup kami. Tolong jangan korbankan kami hanya karena persoalan-persoalan yang teknis seperti ini," kata Rahmad Darmawan.

Juru bicara Menpora, Gatot S Dewobroto, pada akhir diskusi menyatakan Kemenpora siap berkompromi dengan PSSI sehingga kompetisi ISL bisa bergulir kembali. (Mulyanto Utomo/JIBI/SOLOPOS)

Berita Terkait

Berita Terkini

2 Jam Operasi Tim Gabungan Di Pasar Kota Sragen, 36 Orang Terciduk Langgar Prokes

Sebanyak 36 orang terciduk melanggar protokol kesehatan atau prokes saat tim gabungan Pemkab melakukan operasi di Pasar Kota Sragen.

Ini Alternatif Tujuan Wisata Lebaran Jateng...

Masyarakat Jateng bakal tetap bisa melancong bersama keluarganya selama libur Lebaran 2021, termasuk ke Desa Wisata Sepakung.

Shin Tae-yong Panggil 5 Pemain Gabung Timnas Indonesia U-23

5 Pemain tersebut adalah M Adi Satryo (PSS Sleman), Ilija Spasojevic (Bali United), Rizky Ridho (Persebaya), Ady Setiawan (Persebaya), dan Didik Wahyu W (Tira Persikabo).

Waspada, 18 Juta Orang Nekat Mudik Lebaran!

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan survei masih ada sekitar 7% warga yang akan memaksakan diri mudik Lebaran 2021.

Perpanjang PPKM Mikro Dipastikan Berdampak ke Pariwisata Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memperpanjang PPKM Mikro hingga 17 Mei 2021 dan dipastikan berdampak ke sektor pariwisata Jateng.

Ratusan Pemudik Masuk Solo Saat Pengetatan, Ada Yang Positif Covid-19

Sekitar 500 pemudik sudah masuk ke Kota Solo selama masa pengetatan mudik sejak 22 April lalu, salah satunya terkonfirmasi positif Covid-19.

Larangan Mudik Dimulai, Jalan Tol Layang MBZ Ditutup

Vera mengatakan penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk pengendalian transportasi yang bertujuan membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek.

Salatiga Tutup Pasar Tiban & Objek Wisata

Pemkot Salatiga menutup fasilitas umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa Lebaran 2021, termasuk pasar tiban dan objek wisata.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Kamis 6 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Kamis, 6 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Mobil Rombongan Pemudik Hantam Truk di Jalan Tol Madiun

Sebuah minibus pengangkut rombongan pemudik terlibat kecelakaan menabrak truk di jalan tol Madiun Km. 603 A dari arah barat ke timur.

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Politeknik Negeri Madiun Siap Upgrading 6 Prodi D3

Direktur Jenderal Pendidikan  Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wikan Sakarinto, mengatakan kebijakan program studi D3 ditingkatkan menjadi Sarjana Terapan atau D4 ini diharapkan disambut baik seluruh perguruan tinggi vokasi.

Kekinian Banget! Kafe Di Pasar Nguter Sukoharjo Ini Sajikan Jamu Dengan Nama-Nama Unik

Kafe jamu di Pasar Nguter, Sukoharjo, yang diresmikan Puan Maharani pada 2019 menyajikan aneka minuman dengan nama unik.