SOLOPOS.COM - Ilustrasi (istimewa)

Pembebasan visa dimanfaatkan Pemerintah Jepang yang akan mengirimkan 1.000 warganya ke Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Jepang akan mengirimkan rombongan besar berjumlah 1.000 orang ke Indonesia untuk meningkatkan kerja sama kedua negara.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, mengatakan akhir tahun ini akan ada rombongan besar dari Jepang datang ke Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

Rombongan tersebut akan memanfaatkan bebas visa yang akan diberikan pemerintah sebelum akhir tahun.

“Rombongan besar itu akan dipimpin oleh Ketua Persahabatan Indonesia-Jepang dengan membawa 1.000 orang delegasi yang terdiri dari kalangan pemerintah, dunia usaha, dan turis,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Sofyan menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya menerima rombongan tersebut untuk menyampaikan rasa terima kasih Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Jepang terhadap dukungan yang diberikan selama ini.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia akan meminta Pemerintah Jepang ikut mempromosikan tempat wisata di Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan Jepang yang datang ke Indonesia.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, mengatakan meningkatnya jumlah wisatawan Jepang yang datang ke Indonesia akan meningkatkan people to people contact. Dengan begitu akan meningkatkan aktivitas saling kunjung penduduk kedua negara.

Kementerian Pariwisata sebelumnya memproyeksikan terjadi peningkatan devisa sekitar US$500 juta dari penerapan bebas visa kunjungan (BVK) kepada 30 negara yang baru diterapkan pada tahun ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan hasil promosi penerapan bebas visa kunjugan diharapkan mulai terasa pada Juli 2015. Dengan implementasi kebijakan yang tertuang dalam Perpres No. 69/2015 itu, diharapkan ada tambahan 1 juta wisatawan mancanegara per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya