SOLOPOS.COM - BBM jenis premium (bensin) habis di SPBU Jalan Baron, Gunungkidul. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA- Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan kalangan pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum di wilayah ini menjaga kuota bahan bakar minyak bersubsidi yang diberikan PT Pertamina.

“Saya harapkan teman-teman SPBU menjaga kuota BBM bersubsidi, dan ikut melakukan kontrol terhadap penjualan BBM,” kata perwakilan dari Hiswana Migas DIY Yoyok di sela rapat koordinasi bersama Pertamina, dan pengusana SPBU di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupatan Bantul, Rabu (27/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, permintaan tersebut disampaikan menyusul adanya keresahan di masyarakat akibat pembatasan BBM bersubsidi dari pemerintah pusat sehingga menimbulkan antrean panjang untuk pembelian premium di SPBU karena masyarakat khawatir tidak kebagian jatah.

Namun demikian, kata dia meskipun pada akhirnya kebijakan dari pemerintah pusat tersebut dibatalkan maka mulai Rabu (27/8/2014) dini hari pasokan BBM bersubsidi ke semua SPBU kembali normal, namun dampak atau antrean panjang masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“SPBU agar ‘nderek’ [mengikuti] kebijakan pemerintah dan Pertamina, sehingga harapannya ikut peran aktif untuk mengatasi kekhawatiran di masyarakat, dan jangan sampai melayani pembelian tanpa batas, terutama kepada pengecer,” katanya.

Terkait pelayanan kepada pengecer dengan berbekal surat rekomendasi, pihaknya meminta SPBU melakukan pengetatan pengawasan serta memantau agar tidak melayani lebih dari satu kali kepada pengecer BBM, mengingat rekomendasi diberikan hanya untuk pembelian sekali.

“Karena operasional SPBU melalui sistem ‘shift’, maka petugas mengusahakan meletakkan buku kontrol di SPBU, agar meskipun ganti ‘shift’ petugas bisa tahu, misalnya pagi sudah beli, maka siang dan malam tidak boleh beli lagi sehingga rekomendasi 20 liter per hari lebih terkontrol,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya