SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

DENPASAR–Curah hujan dan kecepatan angin yang tinggi mulai menjadi penghambat pembangunan Jalan Tol Nusa Dua-Benoa, Bali, sehingga menyebabkan pengerjaan proyek terlambat.

Kepala Proyek Jalan Tol Nusa Dua-Benoa PT Adhi Karya (Persero) Tbk Bima Adnanta mengatakan pengerjaan pembangunan paket I ruas tol tersebut telah mencapai 79%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sampai dengan akhir tahun lalu, perkembangan konstruksi jalan tol itu selalu terjaga sesuai dengan target.

Namun, memasuki Januari 2013, setidaknya hujan turun sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Menurutnya, tidak jarang kontraktor harus menunda pengecoran karena tidak mungkin dilakukan saat hujan turun maupun derasanya angin.

“Gangguan cuaca ini diperkirakan akan berlangsung hingga akhir Februari 2013,” tuturnya, Minggu (3/2).

Untuk mengejar keterlambatan, PT Jasamarga Bali Tol berusaha keras dengan mengundang kontraktor agar berkoordinasi supaya pengerjaan bisa rampung tepat waktu.

Untuk mencapai itu diperlukan dukungan ekstra dari direksi kontraktor, seperti penambahan jam kerja, penambahan alat, material, pekerja, dan sumber daya lain, yakni keuangan.

Jalan tol yang berada di atas perairan tersebut akan menjadi jalan berstandar internasional yang diklaim indah dan modern.

Pada ruas tol akan diberlakukan gardu tanpa orang (GTO) dengan memberlakukan e-Toll Card sehingga akan memperoleh pelayanan transaksi yang lancar.

Tiang-tiang pancang untuk fondasi jalan tol tersebut didatangkan dari Subang, Karawang, dan Pasuruan yang sebagian besar menggunakan truk tronton.

“Jika satu truk tronton hanya mampu memuat 10 tiang pancang, maka diperlukan tidak kurang dari 3.318 pengangkutan karena jumlah tiang yang diperlukan mencapai 33.814,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya