SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X (Harian Jogja-Desi Suryanto)

Solopos.com, JOGJA — Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, berharap pembangunan Tol Jogja-Bawen melibatkan warga lokal. Gubernur juga berharap pembangunan jalan tol ini juga memberikan dampak positif bagi perekonomian warga Yogyakarta.

Sultan mengatakan terkait pekerja konstruksi memang sepenuhnya menjadi kewenangan pemenang lelang Tol Jogja-Bawen yang menentukan siapa pekerja yang terlibat. Namun, dia berharap dalam proses itu bisa melibatkan kontraktor lokal sebagai subsehingga banyak warga lokal yang ikut mengerjakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Itu [soal keterlibatan warga lokal] kan terserah pemenang lelang, saya memang berharap yang lokal ini menjadi sub contractor-nya tetapi ini negoisasinya dengan pemenang yang kontrak,” katanya kepada wartawan di sela-sela menghadiri Rapat Paripurna di DPRD DIY, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Pembebasan Lahan untuk Tol Jogja-Bawen Capai 92%

Sultan juga memberikan konfirmasinya bahwa dalam Ground Breaking tol Jogja-Bawen Pemda DIY diwakili oleh Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

“Pak Sekda yang mewakili,” ujarnya.

Sultan menyampaikan pembangunan Tol Jogja-Bawen tahap awal ini dikerjakan pad alahan yang telah dibebaskan. Saar ini proses pembebasan lahan belum sepenuhnya rampung. Melalui peletakan batu pertama itu harapannya pembangunan terus berlanjut.

Baca Juga: Masa Berlaku Habis, Gubernur DIY Perpanjang IPL Tol Jogja-Solo

“Itu [yang dilakukan peletakan batu pertama] yang sudah dibebaskan saja, saya enggak tahu terus dimulai [pembangunannya] atau tidak [setelah peletakan batu pertama], [karena] masih ada yang belum dibebaskan. Pembebasannya memang bertahap,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya