SOLOPOS.COM - Ilustrasi Terminal Cangkiran, Kota Semarang. (google.com/maps)

Pembangunan Terminal Cangkiran Kota Semarang berlangsung lancar, bahkan pencapaiannya melampaui target.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pembangunan Terminal Cangkiran Kota Semarang yang dimulai pengerjaannya 10 Juli 2017 lalu berjalan lancar. Bahkan pencapaiannya kini sudah melebihi target.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Progress pembangunan berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. Progress-nya sekarang mencapai 16,1%,” ungkap perwakilan PT Galatama Krisnanto yang menangani proyek itu di Kota Semarang, Senin (21/8/2017). Hal tersebut diungkapkannya di sela-sela peninjauan pembangunan Terminal Cangkiran Kota Semarang oleh Komisi C DPRD Kota Semarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan pembenahan Terminal Cangkiran Kota Semarang dilakukan secara bersamaan, mulai pembangunan shelter, kios pedagang, hingga kantor pengelola terminal dengan nilai kontrak senilai Rp4,3 miliar. Targetnya, pembangunan terminal itu rampung pada 7 Desember 2017 dan nantinya diharapkan menjadi target prioritas pelayanan angkutan di wilayah Mijen dan sekitarnya.

“Di minggu ke enam ini, target kami hanya 9%, namun ternyata melampaui target hingga 7,1% jadi 16,1%. Ya, mudah-mudahan semuanya lancar dan rampung tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Kadarlusman yang memimpin rombongan legislatif menyampaikan dukungannya terhadap Pemerintah Kota Semarang yang merevitalisasi Terminal Cangkiran. Saat ini, kata dia, hanya ada dua terminal tipe C yang kewenangannya di bawah Pemkot Semarang, yakni Terminal Gunungpati dan Terminal Cangkiran, yang dimaksimalkan untuk melayani masyarakat.

Untuk tahap awal, politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan pembangunan terminal dilakukan di lahan seluas 1.300 meter persegi, tetapi pada 2018 akan diperluas lagi untuk pengoptimalan. “Sekarang ini, kewenangan pemerintah kota kan hanya terminal tipe C. Kami jelas sangat mendukung adanya revitalisasi, apalagi rencananya pada tahun depan akan diperluas lagi,” katanya.

Nantinya, kata dia, total luasan Terminal Cangkiran akan menjadi 3.000 meter persegi dengan direlokasinya Sekolah Dasar (SD) Negeri Cangkiran 01 Semarang sehingga menjadi lebih luas dan nyaman. “Tidak baik juga sekolah berdekatan dengan terminal. Makanya, SD [SDN Cangkiran 01] akan direlokasi sekitar 50 meter dari lokasi asal,” kata Pilus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya