Pembangunan Taman Wisata Terbesar se-Asia Tenggara di Jateng Butuh Rp10 Triliun
Komisaris Utama PT Taman Wisata Jateng, Prijo Handoko (tengah). (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN -- Taman wisata di Jawa Tengah (Jateng) bernama Jateng Valley yang digadang menjadi taman terbesar se-Asia Tenggara butuh biaya besar.

Untuk membangun taman wisata yang menyediakan berbagai wahana permainan istimewa itu butuh dana sedikitnya Rp10 triliun. Kebutuhan biaya yang besar tak lepas dari lengkapnya wahana yang akan disediakan di Jateng Valley.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng segera mewujudkan pembangunan taman wisata Jateng Valley di Desa Ungaran, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang.

Geger Video Viral Bendera Merah Putih Dibakar di Lampung, Pelaku Ditangkap

Proses pembangunan taman wisata yang diklaim akan menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara itu akan diawali dengan peletakan batu pertama atau ground breaking pada 15 Agustus 2020.

Komisaris Utama PT Taman Wisata Jateng, Prijo Handoko Rahardjo, mengatakan dana yang digelontorkan untuk membangun taman wisata Jateng Valley mencapai Rp10 triliun.

Pembangunan Jateng Valley sebenarnya merupakan proyek Pemprov Jateng yang sudah lama tertunda atau sejak 2012 silam. Proyek ini dulunya akan diberi nama pembangunan taman wisata Jateng Park.

Wow! Jateng Valley Bakal Jadi Tempat Wisata Terbesar se-Asia Tenggara

Lima Besar Taman Wisata Dunia

Handoko menyebut Jateng Valley akan menjadi tempat wisata terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, menurut dia, tempat ini akan masuk lima besar dunia.

Dia memastikan ada banyak wahana yang akan tersedia di taman wisata Jateng Valley. “Banyak wahana baru yang tidak terdapat di tempat wisata lain,” ujar Handoko dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Minggu (2/8/2020).

Jateng Valley akan menempati lahan seluas 37 hektare. Di lokasi itu akan dibangun tujuh zona wisata. Lantas apa saja wahana di Jateng Valley?

Wajah Baru Jembatan Peninggalan Belanda di Wonogiri, Bikin Auto Selfie!

CEO Rahardjo Group itu menjelaskan ada wahana waterpark, trek sepeda, dan hotel untuk akomodasi wisata. Salah satu wahana akan menjadi andalan taman wisata Jateng Valley yakni Kapal Nabi Nuh.

“Untuk wahananya kami tidak akan mengadopsi dari destinasi wisata mana pun. Salah satu wahana yang menjadi unggulan adalah replika Kapal Nabi Nuh. Di dalam replika Kapal Nabi Nuh itu akan ada tempat wisata dan permainan,” imbuh.

Handoko mengatakan Jateng Valley tidak hanya menyajikan tempat hiburan. Tempat wisata yang dibangun di kawasan Hutan Pengaron, Kabupaten Semarang, ini juga akan menjadi wahana edukasi bagi wisatawan.

“Nanti akan ada edukasi, bagaiman cara menanam padi, mengembala kerbau, dan lain-lain. Sehingga ada tempat belajar yang natural, khususnya bagi anak-anak,” terang Handoko,



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom