PEMBANGUNAN SUKOHARJO : Tugu Adipura Simpang Empat The Park Solo Baru Batal Dibangun Tahun Ini

PEMBANGUNAN SUKOHARJO : Tugu Adipura Simpang Empat The Park Solo Baru Batal Dibangun Tahun Ini

SOLOPOS.COM - Dua pekerja membongkar plakat Adipura yang ditempel di tugu proliman Solo Baru, Sukoharjo, Oktober 2017. (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Rencana pembangunan Tugu Adipura di Simpang Empat The Park Solo Baru gagal dibangun tahun ini.

Solopos.com, SUKOHARJO — Rencana pembangunan Tugu Adipura oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Sukoharjo di Simpang Empat The Park Solo Baru, Grogol, harus ditunda tahun depan.

Hal itu karena lelang yang digelar Dinas PKP untuk proyek itu gagal mendapat pemenang. Lelang itu hanya diikuti satu rekanan dan tak memenuhi syarat.

Dinas PKP tidak melelang ulang pembangunan tugu Adipura di Simpang Empat The Park karena waktunya tidak memungkinkan. Dinas PKP akan mengajukan lagi anggaran untuk pembangunan tugu Adipura ini tahun depan.

Dengan demikian, hanya satu tugu Adipura yang akan dibangun tahun ini yakni di Proliman, Sukoharjo. Kepala Dinas PKP Sukoharjo, Bambang Sutrisno, saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (9/10/2017), menjelaskan pemenang lelang pembuatan tugu Adipura proliman adalah CV Adipura Jaya, Sukoharjo.

“Lelang pembangunan tugu Adipura Solo Baru, Grogol, diikuti satu peserta tetapi setelah dicek persyaratannya oleh panitia tidak memenuhi sehingga gagal lelang,” kata Bambang didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut, Lanjar Budi.

Pembangunan tugu Adipura Proliman ditarget selesai dalam waktu 170 hari atau pertengahan Desember. “Luas atau lebar bangunan tugu Adipura masih sama dengan yang lama karena jika diperluas akan mengganggu arus lalu lintas.”

PPK Pembangunan Tugu Adipura Proliman, Lanjar Budi, menambahkan perbedaan tugu baru Adipura Proliman adalah tinggi bertambah tiga meter menjadi 10 meter. Tugu Adipura Proliman sudah mulai dirobohkan Sabtu (7/10/2017) malam

Pantauan Solopos.com di laman LPSE Sukoharjo tertulis ada 33 peserta lelang proyek pembangunan Tugu Adipura Proliman tetapi hanya dua rekanan yang mengajukan penawaran. CV Adipura Jaya mengajukan harga penawaran pertama senilai Rp354.511.000 kemudian harga terkoreksi menjadi Rp270.980.000.

Sedangkan CV Tri Karsa Manunggal mengajukan harga penawaran pertama senilai Rp306.346.000 dan terkoreksi menjadi Rp294.562.000. Setelah proses penelitian oleh panitia lelang, CV Adipura Jaya dinyatakan sebagai pemenang dengan nilai Rp270.980.000.

Pagu anggaran pembangunan tugu Adipura Proliman senilai Rp367,48 juta. Diberitakan sebelumnya, Pemkab Sukoharjo menganggarkan pembangunan tugu baru Adipura senilai Rp800 juta.

Dua tugu direncanakan dibangun di tempat terpisah yakni di simpang empat The Park Solo Baru, dan Proliman Sukoharjo. Anggaran tersebut disetujui dalam APBD Perubahan 2017.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, saat itu menyatakan pembangunan tugu Adipura itu sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja birokrasi Sukoharjo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantap! Desa Kemudo Klaten Gandeng Klinik dan Siapkan 16 Tracer Untuk Percepat Penanganan Covid-19

Upaya mempercepat pelacakan kontak erat diberlakukan di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, dengan menyiapkan 16 tracer.

Jonatan Christie Gagal Ikuti Anthony Ginting ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Jonatan Christie ditumbangkan tunggal putra China, Shi Yuqi, dengan dua game langsung 11-21, 9-21.

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Prodi llmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan melakukan sosialisasi keamanan pangan produk frozen food dan pengurusan izin edar MD bagi pelaku usaha kuliner di Solo.

Berbagi ke Warga Sekitar, Solo Grand Mall Bagi-bagi Paket Sembako

Puluhan paket sembako tersebut diserahkan secara oleh General Manager Solo Grand Mall, Bapak Bambang Sunarno, kepada warga Penumping.

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).

Jos! Anthony Ginting Raih Tiket Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Sinisuka Ginting menang dua game langsung 18-21, 14-21 melawan pebulu tangkis tuan rumah Jepang, Kanta Tsuneyama.

Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Pengumuman! Ruas Jalan di Kawasan Perkotaan Klaten Ditutup Mulai Pukul 20.00 WIB

Belasan ruas jalan di kawasan perkotaan Klaten mulai ditutup sejak pukul 20.00 WIB-05.00 WIB setiap harinya selama PPKM Level 4.

Positif Corona, 2 Pasangan Calon Pengantin Di Wonogiri Tunda Akad Nikah

Dua pasangan calon pengantin di Kecamatan/Kabupaten Wonogiri terpaksa menunda proses ijab kabul karena terkonfirmasi positif corona.

Sejarah Indonesia! Greysia/Apriyani Lolos ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii/Apriyani Rahayu mencetak sejarah sebagai ganda putri pertama Indonesia yang berhasil lolos ke babak semifinal Olimpiade.

Terjadi Kerumunan, Penyaluran Bansos di Bantul di Beberapa Titik Ditunda

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (monev) di lapangan, masih ada penyaluran bansos di Kabupaten Bantul yang menimbulkan kerumunan.