Tutup Iklan

PEMBANGUNAN SUKOHARJO : Tugu Adipura Simpang Empat The Park Solo Baru Batal Dibangun Tahun Ini

PEMBANGUNAN SUKOHARJO : Tugu Adipura Simpang Empat The Park Solo Baru Batal Dibangun Tahun Ini

SOLOPOS.COM - Dua pekerja membongkar plakat Adipura yang ditempel di tugu proliman Solo Baru, Sukoharjo, Oktober 2017. (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Rencana pembangunan Tugu Adipura di Simpang Empat The Park Solo Baru gagal dibangun tahun ini.

Solopos.com, SUKOHARJO — Rencana pembangunan Tugu Adipura oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Sukoharjo di Simpang Empat The Park Solo Baru, Grogol, harus ditunda tahun depan.

Hal itu karena lelang yang digelar Dinas PKP untuk proyek itu gagal mendapat pemenang. Lelang itu hanya diikuti satu rekanan dan tak memenuhi syarat.

Dinas PKP tidak melelang ulang pembangunan tugu Adipura di Simpang Empat The Park karena waktunya tidak memungkinkan. Dinas PKP akan mengajukan lagi anggaran untuk pembangunan tugu Adipura ini tahun depan.

Dengan demikian, hanya satu tugu Adipura yang akan dibangun tahun ini yakni di Proliman, Sukoharjo. Kepala Dinas PKP Sukoharjo, Bambang Sutrisno, saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (9/10/2017), menjelaskan pemenang lelang pembuatan tugu Adipura proliman adalah CV Adipura Jaya, Sukoharjo.

“Lelang pembangunan tugu Adipura Solo Baru, Grogol, diikuti satu peserta tetapi setelah dicek persyaratannya oleh panitia tidak memenuhi sehingga gagal lelang,” kata Bambang didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut, Lanjar Budi.

Pembangunan tugu Adipura Proliman ditarget selesai dalam waktu 170 hari atau pertengahan Desember. “Luas atau lebar bangunan tugu Adipura masih sama dengan yang lama karena jika diperluas akan mengganggu arus lalu lintas.”

PPK Pembangunan Tugu Adipura Proliman, Lanjar Budi, menambahkan perbedaan tugu baru Adipura Proliman adalah tinggi bertambah tiga meter menjadi 10 meter. Tugu Adipura Proliman sudah mulai dirobohkan Sabtu (7/10/2017) malam

Pantauan Solopos.com di laman LPSE Sukoharjo tertulis ada 33 peserta lelang proyek pembangunan Tugu Adipura Proliman tetapi hanya dua rekanan yang mengajukan penawaran. CV Adipura Jaya mengajukan harga penawaran pertama senilai Rp354.511.000 kemudian harga terkoreksi menjadi Rp270.980.000.

Sedangkan CV Tri Karsa Manunggal mengajukan harga penawaran pertama senilai Rp306.346.000 dan terkoreksi menjadi Rp294.562.000. Setelah proses penelitian oleh panitia lelang, CV Adipura Jaya dinyatakan sebagai pemenang dengan nilai Rp270.980.000.

Pagu anggaran pembangunan tugu Adipura Proliman senilai Rp367,48 juta. Diberitakan sebelumnya, Pemkab Sukoharjo menganggarkan pembangunan tugu baru Adipura senilai Rp800 juta.

Dua tugu direncanakan dibangun di tempat terpisah yakni di simpang empat The Park Solo Baru, dan Proliman Sukoharjo. Anggaran tersebut disetujui dalam APBD Perubahan 2017.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, saat itu menyatakan pembangunan tugu Adipura itu sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja birokrasi Sukoharjo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.