PEMBANGUNAN SUKOHARJO: Pemkab Sukoharjo Buat Masterplan Drainase Solo Baru

PEMBANGUNAN SUKOHARJO: Pemkab Sukoharjo Buat Masterplan Drainase Solo Baru

SOLOPOS.COM - Banjir menggenangi jalan di Solo Baru mulai dari Jembatan Bacem sampai Bundaran Patung Pandawa, Minggu (23/4/2017) malam. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Pemkab Sukoharjo menyusun master plan perbaikan saluran drainase di Solo Baru.

Solopos.com, SUKOHARJO—Pemkab Sukoharjo menyusun master plan perbaikan saluran drainase di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Hal ini untuk mengatasi genangan air yang kerap muncul di sekitar Bundaran Pandawa hingga Patung Kuda.

Saat terjadi hujan lebat dengan intensitas tinggi, muncul genangan air setinggi mata kaki orang dewasa di sekitar Bundaran Pandawa hingga Patung Kuda atau gerbang pintu The Kahyangan. Genangan air juga merendam trotoar di deretan rumah makan (RM) Malioboro dan kompleks rumah elite di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol.

Padahal kawasan Solo Baru menjadi pusat bisnis di wilayah Soloraya yang pembangunan fisiknya sangat pesat. (baca: PERPARKIRAN SUKOHARJO : Pemilik Ruko Solo Baru Ogah dengan Parkir Pintu Otomatis)

“Kami sering dikomplain pelaku usaha dan masyarakat lantaran genangan air yang selalu muncul saat turun hujan lebat. Genangan air itu muncul lantaran saluran drainase perkotaan dan jalan belum memadai,” kata Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelbangda) Sukoharjo, Agus Purwantoro, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (5/2/2018).

Saat ini, Agus menyusun masterplan saluran drainase perkotaan yang terintegrasi dengan jalan untuk mengatasi genangan air di kawasan Solo Baru. Namun, Agus belum bisa memastikan waktu penyusunan masterplan saluran drainase itu. Proses penyusunan masterplan saluran drainase cukup lama lantaran harus menyurvei kondisi tanah.

Masterplan saluran drainase di kawasan Solo Baru bakal menjadi acuan pembuatan desain konstruksi bangunan saluran drainase.

“Kami bakal mengebut penyusunan masterplan saluran drainase di kawasan Solo Baru. Semoga cepat selesai dan proyek perbaikan saluran drainase bisa segera dikerjakan,” terang Agus.

Agus menambahkan bakal berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo ihwal perbaikan saluran drainase di kawasan Solo Baru. Agus berharap kawasan Solo Baru bebas dari genangan air saat turun hujan lebat sehingga tak mengganggu aktivitas bisnis para pengusaha dan masyarakat setempat.

Sementara itu, seorang warga Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Toni Raharjo, mengatakan ketinggian genangan air makin bertambah apabila hujan terjadi selama berjam-jam. Genangan air merendam trotoar dan bahu Jl. Raya Solo Baru sehingga mengganggu para pengguna kendaraan bermotor.

Bahkan sebagian para pedagang kaki lima (PKL) kuliner yang menggelar lapak di trotoar jalan terpaksa tak berjualan.

“Kondisi genangan air di kawasan Solo Baru cukup parah. Terakhir kali, genangan air muncul saat turun hujan lebat pada pekan lalu,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Viral! David Beckham Ucapkan Selamat Idul Fitri dengan Bahasa Indonesia

David Beckham mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh warga Indonesia.

Pesan Berantai di WA Soal Ledakan Kasus Covid-19 Klaten, Polisi Tegaskan Itu Hoaks!

Pesan berantai itu menyebutkan kasus Covid-19 di Jateng meledak pekan ini. Kota Klaten menempati peringkat I, yakni mencapai 11.876 orang pasien Covid-19.

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021).