SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja membangun besi kerangka lift di gedung kompleks kantor Sekretariat Daerah (Setda) Sukoharjo, Rabu (29/10/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Pembangunan Sukoharjo, Pemkab Sukoharjo menyiapkan anggaran Rp60 miliar-Rp70 miliar untuk gedung baru.

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo akan membangun gedung perkantoran setinggi 8-10 lantai di Kompleks Sekretariat Daerah (Setda) pada 2017.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Anggaran untuk pembangunan gedung itu disiapkan senilai Rp60 miliar. Gedung kantor baru itu diharapkan mampu menampung dinas yang selama ini berkantor di luar Kompleks Kantor Setda Sukoharjo.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo, Suraji, saat ditemui wartawan di sela-sela inspeksi mendadak (sidak) di proyek city walk, Senin (14/11/2016), mengatakan detail engineering design (DED) sudah disiapkan dan akan dipaparkan ke Bupati.

Menurut dia, akhir tahun ini DED pembangunan kantor baru Setda Sukoharjo selesai. “Anggaran gedung baru senilai Rp60 miliar. Jika kurang akan ada penambahan anggaran senilai Rp10 miliar sehingga total Rp70 miliar,” kata Suraji.

Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukoharjo itu melanjutkan anggaran pembangunan gedung baru itu sedang dievaluasi. “Anggaran gedung baru masih dibahas apakah setahun selesai atau multiyears. Gedung akan dibangun delapan hingga 10 lantai karena akan digunakan untuk 11-15 instansi,” kata dia.

Suraji mengatakan ke depan semua kantor akan terpusat di Kompleks Kantor Pemkab Sukoharjo. Ada beberapa kantor yang masih berada di luar kompleks Setda di antaranya Kantor Disdik, Kantor DKK, Kantor DPU, Kantor Pertanian, Kantor Dishubinfokom, dan Kantor Dinsos.

Informasi lain yang diperoleh Solopos.com, Senin, tiga instansi di Kompleks Kantor Pemkab Sukoharjo akan berpindah tempat selama proses pembangunan gedung baru yakni Bagian Humas, Kantor Inspektorat, dan Kantor Bappeda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Agus Santosa, kepada wartawan mengatakan tiga kantor dan gudang arsip akan dipindahkan sementara. Menurut dia, Gedung Bagian Humas direncanakan menempati lantai II gedung bagian utara atau satu gedung dengan ruang Sekda.

Sedangkan Kantor Bappeda dan Kantor Inspektorat akan menempati kantor lama Dinas Pendidikan (Disdik) di Jl. Veteran. “November ini tiga kantor tersebut selesai pengosongan dan Desember tahapan penghapusan aset barang. Januari 2017 tahapan lelang. Pembangunan gedung baru bertujuan agar semua SKPD disentralkan di satu lokasi demi memudahkan kerja dan pelayanan pada masyarakat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya