Pembangunan Sudah 60%, Ini Penampakan Masjid Agung Karanganyar

Batas waktu pengerjaan Masjid Agung Karanganyar masih mengacu pada kontrak yaitu 23 Desember 2021.

 Progres pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Selasa (14/9/2021). (Solopos-Candra Mantovani)

SOLOPOS.COM - Progres pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Selasa (14/9/2021). (Solopos-Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pembangunan Masjid Agung Karanganyar terus berlangsung dan kini sudah separuh jalan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar masih berupaya mengejar pembangunan masjid agar bisa rampung sebelum HUT Kabupaten Karanganyar pada pertengahan November 2021.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Asihno Purwadi, mengatakan batas waktu pengerjaan Masjid Agung Karanganyar masih mengacu pada kontrak yaitu 23 Desember 2021.

Namun, sesuai permintaan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, lanjut dia, pembangunan Masjid Agung Karanganyar bisa selesai sebelum HUT Kabupaten Karanganyar. Pihaknya berupaya untuk bisa menyelesaikan sesuai permintaan Bupati.

Baca juga: Cuma di Klodran Karanganyar Ada Soto Disajikan di Cangkir, Pernah Coba?

“Sampai saat ini kami pantau masih on the track. Jadi sesuai harapan kami. Sampai saat ini terpantau sudah sekitar 60 persen proses pembangunannya. Saat ini tahapnya masih mengerjakan kerangka baja untuk menara. Ada empat menara nanti, baru selesai satu,” jelas dia kepada Solopos.com, Selasa (14/9/2021).

Empat Menara dan Lift

Asihno menambahkan keempat menara memiliki fungsi berbeda. Tiga menara tersebut nantinya akan dilengkapi lift yang juga memiliki fungsi berbeda.

“Dua lift di sisi timur nanti yang utara dan selatan ditujukan untuk akses menuju lantai dua. Kalau yang barat nanti fungsinya untuk akses menuju menara pandang,” imbuh dia.

Baca juga: Pasar Mbatok di Desa Wisata Kemuning Karanganyar Belum Juga Buka, Ini Sebabnya

Selain menara, pekerja menurut Asihno juga sedang mengerjakan rangka kubah masjid. Sementara itu beberapa ornamen dan payung mekanik yang akan di tempatkan di masjid dikerjakan di luar Karanganyar.

“Untuk payung dengan sistem otomatis dan ornamen kuningan tidak bisa dikerjakan sendiri. Jadi dibuat di Tangerang dan Boyolali. Nanti kalau sudah jadi tinggal dibawa ke sini [masjid] dan tinggal dipasang,” jelas dia.

Sebagai informasi, Masjid Agung Karanganyar menjadi megaproyek salah satu masjid termegah di Karanganyar. Masjid Agung Karanganyar dibangun menghabiskan anggaran senilai Rp89 miliar.

“Awalnya Rp101 miliar. Dikurangi biaya DED, konsultan, dan biaya lainnya jadinya total untuk pembangunannya Rp89 miliar,” beber dia.

Baca juga: Baru 8 Jam Melahirkan, Guru asal Sragen Nekat Ikut Ujian PPPK di Karanganyar

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.

5 Jabatan Kepala OPD Pemkot Solo Masih Kosong, Kapan Pengisiannya?

Pematangan SOTK baru sedang diproses oleh Bagian Organisasi bersama legislatif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

2 Pemuda Karanganyar yang Ditangkap BNNP DIY Ternyata Edarkan Sabu-Sabu Pasokan Napi Lapas Sragen

Dua pemuda Karanganyar yang menjadi kurir sabu-sabu memperoleh barang haram tersebut dari bandar yang merupakan napi Lapas Sragen.

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.

Pemkab Sukoharjo Jamin Sekolah Gratis dan KIS Keluarga Kartasura Tidur Di Warung Wedangan

Selain tawarkan rusunawa, Pemkab Sukoharjo memberikan jaminan sekolah gratis bagi anak-anak keluarga yang tinggal di kolong meja wedangan Kartasura.

Bed Isolasi RS Covid-19 Solo Mulai Kosong, Sukarelawan Dibebastugaskan

Bed ruang isolasi untuk merawat pasien di RS rujukan Covid-19 Kota Solo sudah jauh menurun bahkan mulai kosong dalam beberapa hari terakhir.

BPBD Karanganyar: Waspadai Bencana Awal Musim Hujan

BPBD Karanganyar mulai melakukan sosialisasi antisipasi bencana ke masyarakat di kawasan rawan bencana alam.

115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang

Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.

Pemkot Solo-Kemenperin Kerja Sama Kembangkan AK Tekstil, Gibran: Terpenting Lulusan Terserap Industri

Pemkot Solo bekerja sama dengan Kemenperin dalam pengembangan Akademi Komunitas atau AK Tekstil terutama penyerapan tenaga kerja.

Bioskop Sukoharjo Sudah Kembali Buka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, sudah mulai buka, Kamis (16/9/2021), menyusul turunnya level PPKM dan zona risiko Covid-19.

Gibran Masuk Bursa Pilkada DKI Jakarta, Pengamat Politik Refly Harun: Cek Ombak

Pengamat politik nasional Refly Harun menyebut wacana Gibran maju sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta hanya untuk cek ombak.

Angka Kesembuhan di Klaten Lebih Tinggi dari Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Tapi...

Angka kesembuhan Covid-19 di Klaten dinilai jauh berada di atas angka terkonfirmasi Covid-19 dalam sehari, Kamis (16/9/2021).

Arisan Online Menjamur di Soloraya, Pengacara Solo Sebut ini Pemicunya

Arisan online marak di Soloraya belakangan ini dan tak sedikit yang akhirnya mbledos, uang member sulit kembali.

3 Warga Sragen Dibekuk Polisi Karanganyar Gara-gara Transaksi Sabu-Sabu

Tiga warga Sragen ditangkap aparat Satnarkoba Polres Karanganyar gara-gara transaksi narkoba jenis sabu-sabu di jalan Solo-Sragen.