PEMBANGUNAN SEMARANG : 150 Proyek Infrastruktur Siap Dilelang

PEMBANGUNAN SEMARANG : 150 Proyek Infrastruktur Siap Dilelang

SOLOPOS.COM - Siluet buruh atau pekerja di suatu proyek pembangunan. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Pembangunan Semarang 150 infrastruktur segera dilelangkan pelaksana proyeknya.

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 150 proyek pengadaan infrastruktur sudah masuk dalam Unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik Pemerintah Kota Semarang untuk persiapan dilelangkan. "Dari 150 proyek yang sudah masuk ke kami, sebanyak 49 proyek sudah kami lelang dan tayang di LPSE," kata Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kota Semarang Indriyasari di Semarang, Rabu (7/2/2018).

Namun diakuinya proyek yang sudah dilelangkan itu masih pekerjaan berskala kecil, dan 50 proyek juga sudah dalam proses pengkajian harga perkiraan sendiri (HPS) yang diajukan rekanan. Proses lelang proyek pengadaan infrastruktur Kota Semarang tahun 2018 ini tetap mengacu pengalaman hasil lelang proyek pembangunan selama 2017, termasuk evaluasi hasil pekerjaan yang dilakukan kontraktor pemenang lelang.

"Track record rekanan tetap kami pertimbangkan. Hasil kinerja rekanan selama 2017 menjadi bahan evaluasi kami dalam melaksanakan lelang pada 2018, termasuk menentukan pemenang," katanya.

Pada tahun 2017 lalu, diakuinya ada keterlambatan lelang karena ada perubahan struktur organisasi perangkat daerah (OPD) sehingga dalam evaluasi waktu pengerjaan pembangunan memang mepet. Akan tetapi, Indriyasari mengatakan tidak semua pemenang lelang ditentukan dari penawaran terendah yang diberikan rekanan, sebab ada rekanan pemenang lelang memberikan penawaran tinggi.

"Tidak semuanya dlosor-dlosoran [saling merendahkan nilai proyek]. Banyak rekanan yang penawarannya tinggi kami menangkan. Yang jelas, semua rekanan bisa bersaing asal kualitasnya bagus," katanya. Sampai saat ini, kata dia, belum ada rekomendasi dari Inspektorat Kota Semarang mengenai rekanan yang dicantumkan dalam blacklist, tetapi sudah ada data rekanan yang track record-nya kurang bagus selama 2017.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Semarang 2018 mencapai Rp5,17 triliun, atau naik dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya Rp4,75 triliun dengan alokasi besar untuk infrastruktur. Sekretaris Daerah Kota Semarang Agus Riyanto menyebutkan sudah melakukan dorongan ke dinas-dinas untuk segera melelangkan proyek pekerjaan tahun ini pada Februari-Maret 2018.

"Saya sudah roadshow ke dinas-dinas untuk mendorong lelang. Jika Maret 2018 sudah dilelang, pada triwulan ketiga, yakni Juli-September 2018, pekerjaan kan sudah bisa dirampungkan," katanya.

Pada triwulan keempat, kata dia, masih ada cukup waktu untuk mengevaluasi sehingga jika ada tambahan pekerjaan pada APBD perubahan bisa diatur untuk segera dilaksanakan. "Ada tiga dinas yang jadi fokus karena banyak beban kerjanya, yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Dinas Penataan Ruang Kota Semarang," kata Agus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.