SOLOPOS.COM - Pekerja membongkar atap Pasar Klewer Solo sisi timur, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Koran Solo)

Pasar Klewer Timur akan dibangun.

Solopos.com, SOLO — Kegiatan revitalisasi Pasar Klewer Solo sisi timur mulai dilelangkan sejak 20 September 2017. Dijadwalkan lelang tersebut selesai paling lama pada 23 Oktober 2017. Saat ini pembongkaran Pasar Klewer sisi timur pun sudah dilakukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Koran Solo/JIBI di website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Surakarta, Minggu (24/9/2017), proses lelang sudah sampai tahap pengunduhan dokumen pengadaan. Pada 3 Oktober nanti akan dilakukan pembukaan dokumen penawaran.

Penetapan pemenang lelang dijadwalkan pada 12 Oktober 2017, yang akan diikuti dengan pengumuman pemenang. Sementara penandatanganan kontrak dijadwalkan antara 19-23 Oktober 2017.

Disebutkan sumber anggaran untuk kegiatan tersebut berasal dari APBN 2017 dengan nilai pagu paket Rp47.224.600.000. Sementara untuk lelang jasa konsultan pengawas revitalisasi Pasar Klewer sisi timur juga sudah dilakukan. Nilai pagu paketnya Rp584.490.000 dari sumber anggaran yang sama.

Kegiatan pembangunan pasar akan segera berjalan setelah proses lelang selesai dilakukan. Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagiyo, mengatakan pembangunan pasar tersebut akan dilakukan dalam tiga bulan ke depan. Diharapkan pembangunan pasar selesai pada akhir tahun ini.

Saat ditanya terkait kemungkinan penambahan waktu pembangunan, Subagiyo belum memberikan kepastian. “Itu nanti dilihat perkembangannya. Kebijakan itu ada di Menteri Perdagangan. [Saat ini] perintah melaksanakan tiga bulan ya tiga bulan itu akan kami lakukan. Mestinya nanti Wali Kota akan melaporkan [jika ada] persoalan-persoalan di lapangan,” kata dia saat dihubungi belum lama ini.

Sementara itu Ketua Paguyuban Pasar Klewer Timur, Sutarso, mengatakan sejak Kamis (21/9/2017), semua aktivitas pedagang Pasar Klewer sisi timur sudah beralih ke pasar darurat yang ada di Alun-alun Utara Keraton Solo.

Dia mengatakan jumlah pedagang di Pasar Klewer sisi timur ada sekitar 546 orang. “Semoga saja proses pembangunan pasar nanti sesuai dengan rencana,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya