SOLOPOS.COM - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan (kanan) disambut Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo saat mengunjungi proyek pembangunan Pasar Klewer, Solo, Kamis (19/1/2017). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer berlanjut untuk bagian timur.

Solopos.com, SOLO — Proyek revitalisasi Pasar Klewer Solo sisi timur akan dilanjutkan dengan total anggaran Rp48 miliar pada tahun ini. Pembangunan pasar paling lambat akan dikerjakan pada Juni 2017 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan, mengatakan kelanjutan pembangunan Pasar Klewer sisi timur kini tinggal menunggu penandatangan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kalau semua lancar, maka pada Juni pekerjaan sudah dimulai,” kata dia ketika dijumpai saat meninjau pembangunan Pasar Klewer belum lama ini.

Dari sisi konstruksi, pembangunan Pasar Klewer sisi timur lebih ringan dibandingkan dengan pembangunan pasar bagian barat. Mengingat sesuai rencana, pembangunan pasar sisi timur hanya dibangun dua lantai.

Berbeda dengan pasar barat dibangun empat lantai sehingga menelan anggaran cukup besar. “Pasar sisi timur sesuai proposal dari Pemkot diajukan Rp48 miliar. Nanti dana itu yang akan disediakan kami,” kata dia.

Kemendag kini terus menjalin komunikasi dengan Pemkot Solo terkait pembangunan Pasar Klewer. Pembangunan Pasar Klewer yang terbakar akhir 2014, sudah dikerjakan sejak 2015 lalu.

Tahap pertama Kemendag mengucurkan anggaran senilai Rp61,8 miliar pada 2015. Adapun paket proyek pekerjaan tahap I meliputi struktur bangunan basement dan semi basement. Sedangkan 2016, Kemendag mengucurkan anggaran Rp96 untuk penyelesaian pembangunan pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah.

Namun dari pagu tersebut sesuai hasil lelang anggaran yang digunakan hanya Rp81 miliar. Dengan paket pekerjaan merampungkan pembangunan lantai 1 dan lantai 2. Kemudian Kemendag mengalokasikan anggaran Rp48 miliar untuk melanjutkan pembangunan Pasar Klewer ke sisi timur.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Subagiyo mengatakan pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer timur disiapkan Pemkot di lantai basement pasar baru Klewer bagian barat. “Sekarang kami masih menunggu DIPA [Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran] untuk revitalisasi Pasar Klewer timur,” katanya.

Sesuai konsep, bangunan pasar sisi timur akan dibangun dua lantai, yaitu basement dan semi basement, serta bagian atas digunakan untuk hall. Nantinya antara bangunan pasar timur dan barat akan dibuat jalur khusus sebagai penghubung.

Dengan demikian, ada koneksivitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur. “Rencana revitalisasi terus disosialisasikan kepada pedagang pasar timur,” kata dia.

Dia mengatakan pembangunan pasar timur mendesak direalisasikan. Setidaknya terdapat 546 pedagang di Pasar Klewer timur. Para pedagang tersebut akan direlokasi ke pasar darurat di lantai basement Pasar Klewer barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya