SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Pasar Klewer, Solo, Kamis (17/11/2016). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer, kontraktor proyek menjanjikan pembangunan Pasar Klewer selesai 27 Desember.

Solopos.com, SOLO  — PT Adhi Karya selaku kontraktor pelaksana pembangunan Pasar Klewer memastikan pekerjaan fisik dan pemasangan mechanical electronic (ME) rampung pada 27 Desember 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembangunan pasar tekstil itu kini terus dikebut selama 24 jam nonstop. Project Engineering PT Adhi Karya, Wahyu Purnomo, mengatakan progres pembangunan pasar tekstil yang terbakar akhir 2014 lalu itu telah mencapai 72,3%.

“Sekarang tinggal menyelesaikan bagian atap, finishing, dan pemasangan lift, ekskalator, dan ME,” kata dia ketika dijumpai wartawan seusai rapat evaluasi pembangunan Pasar Klewer di ruang rapat Wali Kota, Senin (5/12/2016) sore.

Rapat evaluasi diikuti Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom), dan PT Adhi Karya.

Wahyu mengatakan telah menambah jumlah tenaga kerja hingga 300 orang untuk menyelesaikan proyek pembangunan Pasar Klewer. Sumber dana untuk pekerjaan fisik tahap II Pasar Klewer dibiayai Kementerian Perdagangan (Kemendag) senilai Rp96 miliar.

Namun, dari pagu tersebut sesuai hasil lelang anggaran yang digunakan hanya Rp81 miliar. Sementara dana pengadaan ME seperti lift dan ekskalator dianggarkan Pemkot dalam APBD Perubahan 2016 senilai Rp16,5 miliar. Proyek pekerjaan fisik dan pemasangan lift, ekskalator, dan ME tersebut dikerjakan secara pararel.

“Kami sudah menjelaskan tadi untuk pemasangan atap rampung 15 Desember dan proyek keseluruhan selesai 27 Desember,” kata dia.

Karena itu, Wahyu memastikan proyek pembangunan Pasar Klewer rampung sesuai kontrak kerja 30 Desember mendatang. Selama masa pekerjaan, sampah material proyek mulai dibersihkan. Harapannya saat pelaksanaan kegiatan fisik selesai, kondisi sekitar bangunan pasar telah bersih.

Kepala DPP Solo Subagiyo mengatakan persentase pembangunan pasar akan meningkat tajam jika bagian atap telah terpasang. Pemasangan atap ini membutuhkan waktu lama, mengingat luasan atap yang terpasang mencapai 9.000 meter persegi.

“Kalau atap terpasang semua, bagian lift, ekskalator, dan ME bisa dipasang. Sekarang belum bisa karena atapnya saja tidak ada,” kata dia.

Subagiyo mengatakan ME tersebut saat ini tinggal dipasang. Seluruh peralatan ME, termasuk lift dan ekskalator, sudah tersedia. Pengadaan lima unit lift masuk dalam pengadaan fasilitas pendukung operasional Pasar Klewer, bersama empat ekskalator, hidran, genset, dan barang lain.

Pengadaan ini sempat tertunda dan baru bisa dianggarkan pada APBD Perubahan 2016. “Jadi butuh waktu dari lelang hingga pemasangan. Kalau sudah dipasang juga masih butuh waktu satu sampai dua bulan agar alat-alat itu mapan,” kata dia.

Subagiyo meminta pedagang bersabar terkait dengan pelaksanaan pembangunan Pasar Klewer. DPP bersama kontraktor pelaksana proyek berusaha semaksimal mungkin agar pembangunan bisa selesai kontrak kerja akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya