SOLOPOS.COM - Aktivitas perdagangan sisi timur Pasar Klewer, Rabu (21/1/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer, Pemkot akan membangun Pasar Klewer timur dua lantai ke bawah.

Solopos.com, SOLO–Setelah menyelesaikan detail engineering detail (DED), direncanakan revitalisasi Pasar Klewer timur menelan anggaran Rp90 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Subagiyo, mengatakan konsep Pasar Klewer sisi timur akan dibangun ke bawah. Artinya, lokasi berjualan para pedagang akan dipindah ke lantai basement dan semi basement. Subagiyo mengklaim seluruh pedagang Pasar Klewer sisi timur menyetujui desain yang ditawarkan Pemkot.
Apalagi nantinya di lantai basement dan semi basement akan dibuat jalur khusus yang menghubungkan sisi barat dengan timur.

“Jadi nanti bangunan sisi timur hanya dibangun dua lantai ke bawah. Ada koneksitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur,” katanya.

Subagiyo mengatakan selama pembangunan berjalan nantinya pedagang akan dipindahkan ke pasar darurat. Hanya pihaknya masih mencari lokasi pasar darurat. Meski, ia berharap pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat masih mau meminjamkan lahan Alun-alun Utara (Alut) untuk pasar darurat Pasar Klewer sisi timur. Saat ini, lahan Alut masih digunakan untuk pasar darurat pedagang Pasar Klewer sisi barat.   “Kami akan komunikasi dengan pihak Keraton. Semoga masih bisa digunakan untuk pasar darurat lagi,” harapnya.

Subagiyo mengestimasi dana yang dibutuhkan untuk merevitalisasi total bangunan Klewer sisi timur bakal menelan Rp90 miliar. Pengerjaan proyek diperkirakan dikerjakan setelah pembangunan Pasar Klewer sisi barat tahap II rampung dikerjakan pada tahun ini. Namun untuk kepastian pelaksanaan, Subagiyo mengatakan masih menunggu hasil konsultasi ke Kemendag. Sesuai rencana DPP akan ke Kemendag pekan depan.

Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani mengatakan akan menyosialisasikan kepada pedagang soal rencana revitalisasi Pasar Klewer sisi timur. Secara umum pihaknya telah menerima informasi mengenai rencana revitalisasi tersebut. Desain revitalisasi pasar sisi timur masuk dalam DED yang telah disusun Pemkot.

“Kami berharap Pemkot melibatkan pedagang dalam setiap pelaksanaan pembangunan,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya