SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo (kedua dari kanan) beserta Anggota Komisi III DPRD Solo sidak pembangunan Pasar Klewer Solo, Kamis (11/8/2016). Progres pembangunan Pasar Klewer tahap kedua berjalan 6%. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer Solo terus berlanjut untuk bagian timur.

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan melanjutkan proyek revitalisasi Pasar Klewer pada bangunan pasar sisi timur di tahun depan. Pemkot telah mengajukan permohonan bantuan anggaran Rp47 miliar ke pemerintah pusat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami sudah menerima sinyal dari pusat tentang permohonan bantuan anggaran untuk revitalisasi Pasar Klewer timur. Jadi tahun depan akan dikerjakan,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo Subagiyo ketika berbincang dengan , Minggu (23/10/2016).

Ia mengatakan revitalisasi bakal selaras dengan proyek pembangunan Pasar Klewer sisi barat yang ditargetkan rampung tahun ini. Menurut Subagiyo, penyusunan detail engineering design (DED) revitalisasi Pasar Klewer sisi timur telah selesai.

Ekspedisi Mudik 2024

Sesuai konsep, tambah dia, bangunan pasar sisi timur akan dibangun dua lantai, basement dan semi basement, serta bagian atas digunakan untuk hall. Nantinya antara bangunan pasar timur dan barat akan dibuat jalur khusus sebagai penghubung.

Sehingga ada koneksitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur. Menurut Subagiyo, rencana revitalisasi terus disosialisasikan kepada pedagang pasar timur.

“Ada 446 pedagang di sana. Nanti seluruh pedagang sisi timur akan direlokasi ke pasar darurat yang rencana kami bangun di lantai basement Pasar Klewer barat,” kata dia.

Saat ini, Subagiyo mengatakan Pemkot masih terfokus pada penyelesaian pembangunan pasar barat yang terbakar akhir 2014 lalu. Sesuai kontrak kerja, pembangunan Pasar Klewer barat rampung akhir tahun ini. Dengan demikian, penempatan pedagang ke bangunan baru bisa dikerjakan pada Februari mendatang.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menuturkan revitalisasi Pasar Klewer sisi timur mendesak untuk direalisasikan.

Tahapan awal, dia mengatakan proyek revitalisasi Pasar Klewer sisi timur dikerjakan dengan pembongkaran sejumlah kios yang letaknya di lorong penghubung pasar timur dan barat pada tahun ini.

Untuk sementara, kata Wali Kota, para pedagang ditempatkan di pasar darurat Klewer di Alun-alun Utara (Alut). Nantinya para pedagang tersebut bakal ditata di lantai 2 pasar baru Klewer barat.

“Belum lama ini DPR telah meninjau pembangunan Pasar Klewer terkait permohonan bantuan anggaran untuk pasar timur,” katanya.

Ia mengungkap Komisi VI DPR berjanji akan mengawal pengajuan permohonan dana revitalisasi Pasar Klewer sisi timur, yang diajukan Pemkot kepada pemerintah pusat. Anggaran revitalisasi tersebut bisa dialokasikan pemerintah pusat dalam APBN 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya