Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik Ditarget Selesai sebelum Jokowi Lengser

Kerja sama investasi pembangunan pabrik baterai di Indonesia dilakukan dengan dua negara yaitu LG Chem asal Korea Selatan, dan CATL asal China.

 
Dua mobil listrik Hyundai Kona Electric dipamerkan saat peremian fasilitas pengisian ulang tenaga listrik untuk kendaraan listrik di kompleks Rest Area 519A Jalan Tol Trans Jawa di Masaran, Sragen, Kamis (24/12/2020). (Espos/Moh. Khodiq Duhri)

SOLOPOS.COM - Dua mobil listrik Hyundai Kona Electric dipamerkan saat peremian fasilitas pengisian ulang tenaga listrik untuk kendaraan listrik di kompleks Rest Area 519A Jalan Tol Trans Jawa di Masaran, Sragen, Kamis (24/12/2020). (Espos/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menargetkan realisasi investasi proyek baterai listrik akan selesai sebelum 2024 atau akhir masa pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu menyusul groundbreaking pembangunan pabrik baterai listrik di Karawang, Jawa Barat, Kamis (16/9/2021).

Proyek Rp142 Triliun

Proyek senilai US$1,1 miliar atau setara dengan Rp15,6 triliun itu merupakan kerja sama LG Energy Group Solution, Hyndai Motor Group, dan PT Industri Baterai Indonesia.

Seperti diketahui, groundbreaking pabrik baterai listrik pertama di Asia Tenggara itu merupakan bagian dari rencana investasi Korea Selatan senilai total US$9,8 miliar atau Rp142 triliun.

Bahlil mengatakan konstruksi akan ditargetkan selesai di 2022, dan produksi dengan kapasitas 10 giga watt per hour akan rampung pada 2023.

Baca Juga: Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

“Saya targetkan total US$9,8 miliar ini semua harus start paling lambat 2022 awal. Semua harus jalan, enggak ada cerita karena untuk baterai 10 giga [watt], itu akan selesai konstruksi di September 2022, dan mulai produksi di 2023. Jadi insyaAllah, sebelum masa kabinet periode Pak Jokowi kedua ini selesai, ini sudah clear pembangunannya,” jelas Bahlil pada acara Keterangan Pers Perkembangan Investasi Baterai Listrik secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Impor 2 Tahun

Sementara itu, pembangunan industri prekursor (precursor) dan katoda (cathode) sebagai bagian dari industri sel baterai kendaraan listrik baru akan dimulai pada Desember tahun ini.

Dilansir dari situs resmi BKPM (bkpm.go.id), lokasi yang dipilih untuk pengembangan industri prekursor dan katoda adalah Kawasan Industri Terpadu (KIT) di Batang, Jawa Tengah.

Pembangunan pabrik, tambah Bahlil, akan selesai kemungkinan pada akhir 2023 atau awal 2024. Oleh sebab itu, Bahlil menyebut batery cell 10 giga sementara akan diimpor dari tempat lain selama 2 tahun sambil menunggu selesainya pembangunan pabrik bahan baku baterai tersebut.

Baca Juga: Istana Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang Kini Jadi Perkantoran, Ini Lokasinya! 

“Jadi, bahan baku dari batery cell itu cathode dan precursor. Di Desember, pabriknya mulai kita bangun. Dia akan selesai kemungkinan 2023 akhir atau 2024. Maka, batery cell yang sudah ada 10 giga sementara kita ambil dulu dari impor selama dua tahun. Sambil kita bangun,” kata Bahlil.

Investasi yang dikucurkan untuk proyek baterai listrik ini tidak hanya berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA), namun juga dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Bahlil menyebut investasi juga datang dari BUMN dan swasta nasional.

Impian Kerja Sama

Berdasarkan catatan Bisnis, kerja sama investasi pembangunan pabrik baterai di Indonesia dilakukan setidaknya dengan dua negara yaitu perusahaan LG Chem asal Korea Selatan, dan CATL asal China.

Bahlil bahkan menyebut bahwa sudah ada beberapa negara lain yang ingin melakukan kerja sama investasi dengan Indonesia.

Namun, dia tidak mengungkap perusahaan asing apa saja yang sudah berencana masuk ke Indonesia. “Itu gabungan Foreign Direct Investment [FDI] dengan PMDN. Jadi, tidak hanya asing, ya. Ini gabungan, bahkan dalam sistem mata rantainya itu, sebenarnya [ada] LG, BUMN, dan perusahaan swasta nasional,” tuturnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Dewan Pers Minta MK Tolak Uji Materi UU Pers

Dewan Pers berhadap Mahkamah Konstitusi (MK) menolak judical review atau uji materi Undang-undang No.40/1999 tentang Pers.

Kronologi Versi MTs Harapan Baru Ciamis, Berawal dari Siswa Terpeleset

Pihak MTs Harapan Baru Ciamis menyebut kronologi 11 siswa tenggelam berawal dari siswa terpeselet dan temannya mencoba membantu saat berada di tepi Sungai Cileueur.

Olala... Nenek Ini Shock Berat Kejatuhan Meteorit di Tempat Tidurnya

Batu tersebut tidak mengenai tubuh tapi tetap saja banyak berserakan puing-puing di wajah dan tubuh si nenek akibat hantaman or tak diundang tersebut.

Giliran Anak, KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin

KPK menangkap anak mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, yakni Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, dalam operasi tangkap tangan (OTT) Jumat, 15 Oktober 2021 malam.

Kasus Bullying Siswa SD di Jepara, Disdikpora: Sudah Damai

Masalah aksi bullying siswa SD di Jepara yang vidoenya viral dinyatakan sudah selesai oleh Disdikpora Jepara.

Siswa SD di Jepara Jadi Korban Bullying, Reaksi Ortu Pelaku Bikin Emosi

Video seorang siswa SD di Jepara yang jadi korban bullying teman sekelasnya viral di twitter.

Ada Campur Tangan Pemancing di 2 Tragedi Susur Sungai Ciamis dan Sempor

Kisah pemancing menyelamatkan peserta susur Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat juga terjadi saat tragedi susur Sungai Sempor di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tragedi Susur Sungai Sempor Terulang, Tahun Lalu 10 Siswa Meninggal

Tragedi susur sungai yang menyebabkan 10 siswa SMPN 1 Turi Sleman meninggal 1,5 tahun lalu terulang dan menimpa 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021).

Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis Dimakamkan, Keluarga: Ini Takdir

Keluarga mengikhlaskan kepergian korban susu sungai, dan menganggapnya sebagai takdir dari Yang Maha Kuasa.

Gempa M 4,8 Guncang Bali, 3 Orang Meninggal, 7 Patah Tulang

Tiga orang meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di 8 km barat laut Karangasem, Bali, itu.

Susur Sungai Tewaskan 11 Siswa MTs di Ciamis, Kemenag Akan Evaluasi

Kemenag turut berduka cita dan mendoakan siswa-siswa yang menjadi korban dalam kejadian itu.

10 Berita Terpopuler : Prestasi Pebulu Tangkis Vito - Rubicon Ketemu

Sosok pebulu tangkis asal Sukoharjo Shesar Hiren Rhustavito hingga kabar Rubicon yang hilang dicuri ditemukan masuk jajaran berita terpopuler pagi ini.

Pemerintah bakal Moratorium Izin Pinjaman Online

Kominfo sejak 2018 hingga 15 Oktober 2021 telah menutup 4.874 akun pinjaman online.

Suami Bejat Tawarkan Istri untuk Layanan Threesome

Dalam akun media sosial miliknya, pelaku mengunggah beberapa foto vulgar istrinya dengan tawaran layanan threesome.

Sejarah Hari Ini : 16 Oktober 1923, The Walt Disney Company Berdiri

Berbagai peristiwa penting dari seluruh penjuru dunia terjadi pada 16 Oktober dan rangkumannya tersaji dalam Sejarah Hari Ini.