Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Mandek 2 Tahun, Ini Langkah Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan akan membantu penyelesaian pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang sudah terhenti selama dua tahun.

 Kondisi proyek pembangunan Masjid Taman Sriwedari, Solo, yang terhenti sejak beberapa waktu terakhir. Foto diambil Senin (30/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Kondisi proyek pembangunan Masjid Taman Sriwedari, Solo, yang terhenti sejak beberapa waktu terakhir. Foto diambil Senin (30/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akhirnya angkat bicara terkait polemik pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang mangkrak atau mandek sekira dua tahun terakhir. Ia menyatakan tetap membantu penyelesaian pembangunan masjid itu.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat diwawancarai wartawan seusai menjadi pembicara pada Musda XV KNPI Jawa Tengah (Jateng) di The Sunan Hotel Solo, Senin (8/8/2022) sore. “Pasti [membantu], di ranah hukum, di meja hijau kami kawal,” ungkapnya.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Salah satu upaya membantu tersebut, menurut Gibran, yakni bila ada pihak-pihak yang akan menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) nantinya diarahkan ke Masjid Taman Sriwedari. “Kalau mau ada yang memberikan dana CSR-nya pasti kami arahkan ke situ,” terangnya.

Ihwal pengajuan pengunduran diri Achmad Purnomo dari posisi Ketua Panitia Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Solo, Gibran tidak menampiknya. Bahkan menurutnya surat pengajuan pengunduran diri mantan Wakil Wali Kota Solo itu sudah diterima.

“Suratnya sudah saya terima, ya tunggu saja. Beliau memang berkeinginan untuk mundur. [Surat] Sudah lama tapi saya berkali-kali sarankan beliau, Pak lebih baik diselesaikan, saya yakin pasti selesai. Karena ini legacy Pak Rudy dan Pak Purnomo,” urainya.

Baca Juga: Purnomo Ingin Mundur dari Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari

Surat Pengunduran Diri Purnomo

Disinggung mengenai usia yang menjadi alasan Purnomo mengajukan pengunduran diri, Gibran menilai hal itu bukan merupakan halangan. Apalagi Gibran mengaku pernah berjanji pembangunan masjid harus selesai. Dia meminta masyarakat menunggu.

“Walah umur itu bukan suatu halangan. Saya kan sudah janji dulu, harus selesai. Kami lagi mengupayakan kan ya, ditunggu saja. Ya untuk selanjutnya seperti apa ya ditunggu wae. Ya kalau bisa secepatnya [pembangunan masjid],” katanya.

Selanjutnya, ihwal calon Ketua Panitia Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Solo ke depannya, berdasarkan usulan Purnomo, antara Gibran dan Wawali Teguh Prakosa. “Ya beliau menyarankan dua-duanya, kami sudah berkomunikasi terus,” sambungnya.

Baca Juga: Mantan Wawali Solo Buka-Bukaan Soal Pembangunan Masjid Sriwedari

Terkait usulan dari Purnomo itu, Gibran kembali menyatakan dirinya bukan berarti tidak menyetujui. Tapi dia menyarankan agar kepanitiaan tetap dipimpin Purnomo. Sebab pembangunan Masjid Sriwedari dimulai saat kepemimpinan Rudy-Purnomo.

“Ya sekali lagi, bukannya saya tidak setuju. Tadi saya sarankan lebih baik ini yang memimpin Pak Purnomo. Karena ini legacy-nya Pak Rudy dan Pak Purnomo. Saya kan cuma orang baru,” tegas putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Sabtu 1 Oktober, Hujan Lagi Siang sampai Malam

      BMKG dalam prakiraan cuaca untuk hari Sabtu (1/10/2022) memprediksi Solo bakal hujan lagi sejak siang hingga malam.

      Jangan Lupa Bawa Payung! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini akan Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Sabtu (1/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Hati-Hati di Jalan Ya, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Hujan sejak Siang

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Sabtu (1/10/2022) menurut prakiraan BMKG dimulai berawan hujan sejak siang hari

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Skala Sedang Sore-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.