Pembangunan Mal Pelayanan Publik Sragen 60%, Awal Tahun Depan Sudah Beroperasi

Pemkab Sragen optimistis pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) akan selesai tepat waktu. Diharapkan awal tahun depan MPP bisa beroperasi.

 Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jl. Dr. Sutomo, Sine, Sragen, sudah hampir selesai, Kamis (22/9/2022). Pembangunan gedung pada tahap II ini menelan dana Rp10,132 miliar. (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jl. Dr. Sutomo, Sine, Sragen, sudah hampir selesai, Kamis (22/9/2022). Pembangunan gedung pada tahap II ini menelan dana Rp10,132 miliar. (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Progres pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sragen pada tahap kedua senilai Rp10,132 miliar di atas 60%. Pembangunan gedung dua lantai itu ditarget selesa Desember 2022.

Sementara pembangunan interior dan kelengkapan fasilitas MPP dianggarkan Rp2,4 miliar. Nantinya, MPP Sragen bakal memfasilitasi 34 jenis pelayanan publik. Sehingga warga tak perlu pindah-pindah untuk mengurus perizinan, cukup di satu tempat.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, R. Suparwoto, menerangkan pagu anggaran sebenarnya proyek pembangunan MPP mencapai Rp10,5 miliaran. Progres pembangunan yang sudah di atas 60%, menurutnya, melebihi target.

“Tahun depan gedung MPP ini sudah bisa digunakan untuk pelayanan publik. Pembangunan gedungnya ditargetkan selesai pada Desember mendatang. Gedung itu siap. Yang mengisi interiornya dari bagian perizinan [Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu/DPMPTSP Sragen],” ujar Woto, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Ini Desain Keren Mal Pelayanan Publik Sragen

Sejumlah pelayanan yang bisa diakses di MPP  di antaranya pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), pajak, pelayanan imigrasi, layanan Samsat, layanan Polres, perbankan, UPTPK, dan lainnya. Desain interior MPP disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing instansi pelayanan publik.

 

Sekretaris DPMPTSP Sragen, Suharti, menyampaikan pembangunan interior dan fasilitas MPP diprioritaskan untuk lantai I, tempat 34 loket pelayanan berada. “Kami sudah belanja segala macam kebutuhan pelayanan publik, di antaranya mesin antrean, komputer, pelayanan OSS [one single submission], televisi besar untuk penayangan peta peluang investasi dan seterusnya. Kami sebelumnya sudah studi banding ke Batam. Nantinya juga ada balai nikah juga,” jelas Suharti.

Dia berencana memperbanyak pelayanan informasi lewat tayangan televisi LCD seperti di bandara. Suharti menjelaskan MPP akan memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi masyarakat.

Baca Juga: Standar Pelayanan Publik di Sragen Terendah Se-Soloraya

“Bila November nanti bisa diserahkan maka Desember bisa segera melakukan penataan ruangan dan soft launching. Kemudian pada Januari nanti sudah langsung melayani dengan maksimal dan bisa di-launching dengan Kementerian Investasi. Komitmen dari instansi vertikal dan instansi daerah sudah ada, tinggal pendekatan dengan Kantor Imigrasi,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.