PEMBANGUNAN KARANGANYAR : Tahun Depan Semua Desa Bisa Dapat Anggaran Rp2 Miliar

 Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Pembangunan Karanganyar, semua desa pada tahun depan bisa mendapat anggaran mencapai Rp2 miliar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Anggaran untuk 162 desa di Kabupaten Karanganyar akan meningkat drastis pada tahun depan. Diperkirakan setiap desa bisa mendapat dana hingga Rp2 miliar yang meliputi dana desa dan alokasi dana desa.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Di sisi lain, dana desa tahap I 2017 untuk 162 desa di Karanganyar dicairkan awal Mei. Anggaran tahap I baru 60 persen dari keseluruhan dana yang dialokasikan.

Sedangkan pencairan 40 persen dana bisa dilakukan bila anggaran tahap I rampung dilaksanakan dan ada laporan pertanggungjawabannya. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat, menargetkan pelaporan SPj dana tahap I tuntas awal Juli 2017 sehingga bulan itu juga dana tahap II bisa dicairkan.

“Setelah pencairan tahap I, desa langsung pacu serapan dana. Insya Allah 1 Juli 2017 sudah SPj semua,” ujar dia ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (19/5/2017).

Utomo optimistis tidak ada kendala dalam pelaksanaan kegiatan yang menggunakan dana desa. Tahun lalu serapan dana desa di 162 desa mencapai 100 persen. “Nilai dananya di tahap I ini sekitar Rp75,4 miliar dari total Rp134 miliar,” kata dia.

Utomo menjelaskan nilai dana desa 2018 akan meningkat signifikan dibandingkan tahun ini. Tahun depan masing-masing desa bisa memperoleh dana desa hingga Rp1,4 miliar. Tahun ini dana desa baru Rp750 juta-Rp800 juta per desa.

Selain dana desa ada juga dana transfer berupa alokasi dan desa (ADD) dari Pemkab Karanganyar, bantuan keuangan (bankeu) desa, dan lain-lain pendapatan yang sah. “Insya Allah masing-masing desa bisa memperoleh Rp2 miliar tahun depan,” tutur dia.

Peningkatan signifikan dana desa yang berpengaruh terhadap anggaran desa membutuhkan kesiapan pemerintah desa dalam pengelolaannya. Anggaran sebesar itu perlu kemampuan administrasi, manajemen, dan pelaksanaan yang prima di desa.

Dengan manajemen yang baik, Utomo optimistis anggaran tersebut bisa membawa kemajuan desa dan peningkatan kesejahteraan warga. Salah satunya dengan mengalokasikannya untuk pemberdayaan masyarakat dan pembentukan BUM desa.

Utomo berharap 162 desa di Bumi Intanpari bisa mencontoh capaian BUM Des Ponggok, Klaten. Dalam sebulan pendapatan badan usaha tersebut memperoleh penghasilan hingga Rp120 juta. “Saya yakin 162 desa di Karanganyar juga bisa,” seru dia.

Terpisah, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Karanganyar, Ali Ghufron, menjelaskan dana bankeu desa tahun ini sekitar Rp46 miliar. Anggaran sebesar itu naik signifikan dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar Rp42 miliar.

Tahun ini ada dua desa di Jumantono yang tidak mengajukan permohonan dana bankeu ke Pemkab. Ali tidak menampik kemungkinan peningkatan dana bankeu tahun depan. “Dana ini untuk pembangunan sarparas, infrastruktur desa,” kata dia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

+ PLUS Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

Tawuran yang terjadi di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY, Jogja, Senin (4/7/2022) hingga berjuluk Gotham City tak lepas dari situasi sosial masyarakat yang multietnis atau heterogen.

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini: 6 Juli 1957 John Lennon Bertemu Paul MC Cartney

Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 6 Juli.

Peserta 235,71 Juta Jiwa, Iuran BPJS Kesehatan Capai Rp143,3 Triliun

Pendapatan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tercatat mencapai Rp143,32 triliun sepanjang 2021, naik 2,48 persen (year-on-year/yoy).

2.697 PPPK Guru Wonogiri Ikut Pembekalan, Disdikbud: Harus Jadi Teladan

Salah satu poin penting dari pembekalan itu yakni ribuan PPPK guru tersebut harus dapat menjadi teladan.

Kecamatan Tersepi di Grobogan Punya Stasiun Kereta Api Tertua

Ini dia kecamatan tersepi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), yang ternyata memiliki potensi wisata sejarah berupa salah satu stasiun kereta api tertua di Jawa.

Rekor Buruk Shin Tae-yong Bayangi Timnas Indonesia U-19 Hadapi Thailand

Shin Tae-yong (STY) memiliki rekor buruk tidak bisa mengalahkan Thailand di berbagai level usia sejak menangani Indonesia.

Jembatan Jurug B Nantinya Gunakan Struktur Baru, Diklaim Lebih Kuat

Jembatan Jurug B menggunakan teknologi baru, yaitu Steel Box Girder.

Minyak Goreng Curah Kemasan Rp14.000 Diluncurkan Hari Ini, Lokasinya?

Pemerintah dijadwalkan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyak Kita seharga Rp14.000 per liter pada Rabu (6/7/2022) hari ini.

Es Gempol Pleret Khas Sukoharjo, Resep Turunan yang Masih Eksis

Minuman gempol pleret terdiri atas gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol memiliki rasa gurih dengan bentuk bulat-bulat putih. Sementara pleret terasa sedikit lebih manis karena campuran gula jawa dan bentuknya panjang pipih berwarna coklat.

Workshop Fotografi, Belajar Menggali Ide Photo Story

fotografi dikenal istilah foto tunggal dan jamak atau biasa disebut photo story.

IHSG Diprediksi Kembali Bertaji, Cermati Saham-Saham Ini

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi akan menguji kekuatan dengan mencoba level resistance 6.825.

Prasangka dan Sentimen Pendorong Kerusuhan Massal di Kawasan Multietnis

Tawuran di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (4/7/2022), tak lepas dari situasi sosial masyarakat wilayah itu yang multietnis atau heterogen.

Hampir Penuh, 33 Siswa Pasar Kliwon Daftar Kelas Virtual SMAN 2 Solo

Sebanyak 33 siswa asal Pasar Kliwon mendaftar kelas virtual yang disediakan di SMAN 2 Solo dengan kuota satu rombongan belajar sebanyak 36 kursi.

Indonesia vs Thailand di Piala AFF U-19, Ini Permintaan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong (STY) mengatakan butuh dukungan dari masyarakat Indonesia untuk menaklukkan Thailand yang kini memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-19.

McDonaldisasi dalam Dunia Pendidikan

Seiring perkembangan zaman, prinsip McDonaldisasi tidak hanya hadir bagi dunia bisnis, tetapi juga digunakan dalam banyak dunia salah satunya pendidikan.

Tangkal Peserta Nunggak Bayar Iuran, Ini Jurus BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan kini tak terlalu dipusingkan dengan tunggakan iuran peserta setelah merasakan dampak positif berbagai inisiatif untuk mendongkrak persentase pengumpulan iuran alias tingkat kolektibilitas.