SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan jalan (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pembangunan Jl. Wolter Monginsidi Kota Semarang ditargetkan dinas pekerjaan umum setempat rampung tahun 2018.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang memastikan proyek pembangunan 5 km Jl. Wolter Monginsidi baru bakal rampung pada 2018 mendatang. “Tahun ini, kami kan sudah menggelontorkan Rp3,6 miliar untuk melanjutkan pembetonan jalan,” kata Kepala Dinas PU Kota Semarang Iswar Aminuddin saat meninjau proyek Jl. Wolter Monginsidi itu, Senin (18/9/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk kelanjutan betonisasi Jl. Wolter Monginsidi pada tahun 2017 ini yang merupakan tahap keempat mencapai sepanjang 280 m dengan lebar 12 m sampai ke persimpangan jalur utama Kaligawe. Pengerjaan betonisasi jalan itu, kata dia, dibarengi dengan pembangunan talud, peninggian bahu jalan, dan pemasangan median jalan sehingga diharapkan bisa mengurangi kepadatan Jl. Kaligawe.

Ekspedisi Mudik 2024

“Proyek [Jl. Wolter Monginsidi tahap keempat] ditargetkan selesai akhir tahun. Jadi, tahap terakhir tinggal menyisakan 300 m yang menuju persimpangan Jl. Arteri Soekarno-Hatta,” katanya. Iswar menyebutkan tahap kelima pembangunan Jl. Wolter Monginsidi sampai sisi selatan persimpangan Jl. Arteri Soekarno-Hatta akan dikerjakan tahun 2018 mendatang sehingga proyek jalan itu tuntas.

Sejauh ini, kata dia, pengerjaan proyek Jl. Wolter Monginsidi berjalan lancar sesuai dengan target yang ditetapkan karena tidak ada kendala berarti yang ditemui dalam pengerjaannya di lapangan. “Progress-nya positif. Ya, tinggal tahap terakhir sepanjang 300 meter di sisi selatan. Itu tahun depan. Jadi, pada 2018 kami targetkan seluruh Jalan Wolter Monginsidi sudah rampung,” katanya.

Hingga saat ini, Pemerintah Kota Semarang sudah mengucurkan setidaknya Rp45,8 miliar untuk berbagai tahap pengerjaan Jl. Wolter Monginsidi yang menjadi jalur alternatif di kawasan timur Kota Semarang. Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Suharsono mengapresiasi kinerja Pemkot Semarang yang telah memberikan perhatian terhadap penyediaan infrastruktur di wilayah pinggiran.

“Sejak dua tahun ini, pembangunan di Kota Semarang kan merata di tengah kota. Sekarang, giliran pinggiran, seperti Jalan Woltermonginsidi,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Infrastruktur Jl. Woltermonginsidi, Kota Semarang, kata dia, merupakan jalur alternatif penghubung jalur utama Kaligawe menuju kawasan Pedurungan atau selatan Semarang sehingga perannya sangat vital untuk akses transportasi. Ia mengatakan Dinas PU yang menjadi mitra kerja Komisi C DPRD Kota Semarang terus memantau kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) itu untuk memaksimalkan berbagai pembangunan yang dilakukan.

“Kalau kondisi Jl. Wolter Monginsidi sudah bagus kan bisa menjadi pilihan warga dari utara yang mau ke selatan sehingga beban di jalur utama Kaligawe atau jalur Pantura bisa berkurang,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya