SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok Solopos)

ilustrasi (dok Solopos)

Boyolali  (Solopos.com)–Rencana pembangunan jembatan gantung di Dukuh Bangunsari, Desa Klakah, Kecamatan Selo, Boyolali belum menemui titik temu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya sejumlah warga belum menerima harga ganti rugi tanah yang ditawarkan oleh pemerintah pusat.

“Masih dilakukan perundingan terkait ganti rugi ini. Kami juga terus melakukan pendekatan mencari titik temu dengan warga pemilik lahan di Bangunsari,” jelas Camar Selo, Subiso kepada wartawan, Senin (12/9/2011).

Menurutnya, pihaknya terus melakukan pendakatan agar rencana pembangunan jembatan gantung di dukuh tersebut tidak dibatalkan. Pihaknya akan segera melaporkan ke Bupati Boyolali untuk menjadi bahan rapat di Jogjakarta, pada Selasa (13/9/2011) ini.

Sementara itu, rencana pembangunan jembatan gantung di Sepi sudah ada kesepakatan harga. Ganti rugi yang ditetapkan sebesar Rp 60.000 per meter persegi. Dijelaskan, harga ganti rugi lahan proyek pembangunan jembatan gantung yang harus dibayarkan ke warga mencapai  Rp 62,24 juta.

Hasil pertemuan dengan warga yang terkena proyek pembangunan dua jembatan di Selo seluas 1.034 meter persegi.

“Jika tidak ada kesepakatan harga di Bangunsari, maka pembangunan  jembatan akan dialihkan ke Dukuh Kajor, Desa Jrakah Selo, yang ambrol akibat banjir lahar dingin,” kata Subiso.

Sementara itu, Kepala Desa Jrakah Tumar menjelaskan warga menyepakati ganti rugi seniali  Rp 60.000 per meter persegi. Sebelumnya, pemerintah menawarkan ganti rugi lahan Rp 55.000 per meter persegi.

Menurutnya, PT Amarta sebagai kontraktor sudah siap mulai pembangunan jembatan gantung di Sepi. Mereka sudah siap dan segera memulai pembangunannya bulan September ini.

Sebelumnya, pembangunan dua jembatan gantung di lereng Merapi Kecamatan Selo terancam gagal. Hal ini karena belum adanya kesepakatan menyangkut pembebasan lahan untuk proyek tersebut.

Dua jembatan gantung tersebut di Dukuh Sepi, Jrakah dan Bangunsari Klakah. Rencananya pembebasan lahan proyek jembatan gantung di Sepi ini seluas 1.034 meter persegi sedangkan di Bangunsari seluas 1.085 meter persegi.

(rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya