SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko. (JIBI/Solopos/Antara)

Pembangunan desa-desa di Jateng diminta pemprov setempat dikembangkan pemerintah kecamatan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemprov Jateng ingin pembangunan desa-desa di Jateng dikembangkan pemerintah kecamatan. Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko menyarankan pemberdayaan jajaran perangkat kecamatan untuk pendampingan dan pengembangan berbagai potensi yang ada di setiap desa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Perlu ada capacity building untuk pemerintahan kecamatan. Saya membayangkan kalau camatnya bagus dengan jajarannya, didukung muspida, ini bersama-sama mendampingi desa dan pendampingannya permanen, mungkin hasilnya lebih bagus,” katanya di Kota Semarang, Kamis (24/8/2017).

Wagub menilai keberadaan pendamping desa dari pemerintah pusat, sudah baik, tapi pemerintah daerah merasa masih belum cukup. Oleh karena itu, kata dia, pemerintah pusat maupun provinsi perlu mendayagunakan pemerintah kecamatan sebagai struktur pemerintah yang terdekat dengan desa.

“Hal itu bertujuan agar pengembangan potensi desa dan pengelolaan dana desa bisa berjalan baik,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ia menyebutkan kesuksesan pengelolaan dana desa seperti yang dilakukan di Desa Ponggok, Kabupaten Klaten belum banyak ditemui di desa lain. “Bisa dikatakan, Desa Ponggok adalah yang paling menonjol di antara desa-desa lain, terutama dalam hal mendayagunakan dana desa yang dialirkan pemerintah pusat,” kata mantan Bupati Purbalingga itu.

Pemprov Jateng terus mendorong pemerintah desa di setiap daerah untuk memiliki Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan potensi yang ada di daerah masing-masing. BUMDes berupa Objek Wisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten menjadi contoh nyata kesuksesan BUMDes karena bisa menyejahterakan masyarakat setempat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya