PEMBANGUNAN JALAN DESA : Pembangunan Jalan Lingkar Bumirejo Butuh Dukungan
Ilustrasi perbaikan jalan (Dok//JIBI/SOLOPOS)

Pembangunan jalan desa di Bumirejo Kulonprogo butuh dukungan dari APBD

Solopos.com, KULONPROGO-Pembangunan jalan lingkar di Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah membutuhkan bantuan Pemkab Kulonprogo untuk mempercepat penyelesaiannya. Jalan tersebut dinilai akan mendukung mobilitas masyarakat sekitar sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi setempat.

Kepala Desa Bumirejo, Edi Winarno mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Bumirejo tidak mampu mencukupi kebutuhan dana pembangunan jalan lingkar. Dia berharap ada kucuran alokasi dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kulonprogo.

“APBDes hanya cukup untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang kecil, seperti corblok jalan lingkungan,” ucap Edi, seperti yang dirilis Humas Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulonprogo, Selasa (2/2/2016).

Menurut Edi, jalan lingkar tidak hanya dibutuhkan masyarakat sebagai sarana transportasi darat. Akses jalan yang layak juga akan memperlancar aktivitas perekomian masyarakat.

“Pendapatan sebagian besar warga Bumirejo berasal dari bidang pertanian, peternakan, dan industri rumah tangga. Keberadaan jalan lingkar dibutuhkan untuk mendukung proses pengerjaan dan pembuatan hingga pemasaran produk,” kata Edi.

Anggota Komisi II DPRD Kulonprogo, Priyo Santoso mengaku telah mendengar aspirasi warga Bumirejo saat melakukan kegiatan reses di sana. Warga mengungkapkan jika jalan sepanjang enam kilometer (km) itu menghubungkan bebeberapa dusun sekaligus. Kondisi jalan yang lebih layak dianggap akan akan mendukung kelancaran aktivitas perekonomian masyarakat.

Namun, bagian yang telah dibangun baru mencapai dua km, yaitu di wilayah Dusun Carikan dan Bonoroso. Bentuk konstruksinya berupa rabat beton. Menurut Priyo, sisa jalan yang belum dibangun sepanjang empat km perlu dipercepat penyelesaiannya agar perkembangan desa juga lebih terdorong maju.

“Saya berharap Pemkab Kulonprogo membantu pembangunan jalan lingkar tersebut dengan dana APBD agar dapat terselesaikan dalam waktu dekat,” ujar Priyo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom