SOLOPOS.COM - Ilustrasi taman kota (JIBI/Solopos/Dok.)

Pembangunan infrastruktur Wonogiri, Pemkab Wonogiri tengah menyusun Perda pengelolaan pertamanan kota.

Solopos.com, WONOGIRI–Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan pertamanan kota mulai digagas. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berharap pengelolaan taman kota ke depan lebih tertata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selama ini Wonogiri belum memiliki payung hukum yang jelas untuk mengelolaan taman kota. Hal tersebut menjadi kendala tersendiri untuk mengelola taman maupun ruang terbuka hijau.

“Saat ini tidak terlihat adanya penataan [taman kota], karena memang aturannya belum ada. Semoga ini menjadi awal yang baik. Kami juga melihat respons positif dari masyarakat terkait rencana penyusunan perda tersebut,” kata Ketua Komisi III DPRD Wonogiri, Bambang Sadryanto kepada Solopos.com, seusai mengikuti Public Hearing Draf Naskah Akademik dan Rancangan Perda tentang Pengelolaan Pertamanan Kota, di kantor DPRD Wonogiri, Senin (16/11/2015).

Kegiatan tersebut dilakukan bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Dia mengatakan pada kegiatan tersebut muncul berbagai tanggapan dari masyarakat terkait rencana penyusunan perda. Termasuk mengenai ketegasan pemerintah dalam menerapkan aturan tersebut nantinya.

“Misalnya harus adanya sanksi bagi masyarakat yang memotong pohon di area taman kota atau ruang terbuka hijau secara sembarangan,” kata dia.

Setelah dengar pendapat tersebut, panitia khusus penyusunan perda segera menindaklanjuti dengan pembahasan.

“Pada 18 November kami akan [kunjungan kerja] ke Jakarta, kemudian Desember mulai pembahasan. Diharapkan pada bulan itu juga selesai,” kata dia.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Sri Kuncoro, mengatakan selama ini Wonogiri belum memiliki batasan khusus terkait kriteria taman kota.  “Untuk itu dari DPRD berinisiatif untuk membuat semacam regulasi. Setelah adanya aturan yang jelas, diharapkan penataan taman kota nantinya juga akan tertangani dengan baik. Termasuk masalah anggarannya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya