SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Antara/Fikri Yusuf)

Pembangunan infrastruktur dilakukan dengan pelebaran jalan lingkar Pati dengan biaya Rp40 miliar.

Semarang.com, PATI – Proyek pelebaran Jalan Lingkar Pati, Jawa Tengah, segera dikerjakan menyusul tersedianya anggaran sebesar Rp40 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Koordinator proyek pelebaran Jalan Lingkar Pati Suwito di Pati, Jumat (19/2/2016), dari pagu anggaran senilai Rp40 miliar, nilai kontrak kerjanya hanya sebesar Rp36,6 miliar.

Ekspedisi Mudik 2024

Dana sebesar itu, katanya, akan digunakan untuk melebarkan Jalan Lingkar Pati sepanjang 2,5 kilometer. Pelebaran jalan dimulai dari perempatan Jalan Lingkar Gabus hingga Jalan Lingkar masuk Desa Ngantru, Kecamatan Gabus. Pelaksanaan proyek pelebaran jalan tersebut, rencananya dimulai pertengahan bulan Maret hingga Oktober 2016.

Anggaran yang tersedia tersebut, kata dia, termasuk pembuatan median jalan, sehingga nantinya daya tampung Jalan Lingkar Pati semakin bertambah.

Sementara penyelesaian pelebaran jalan tahap berikutnya, yakni dari Desa Ngantru, Kecamatan Gabus hingga Desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo menuju Jalan Raya Pati-Kudus menunggu penganggaran tahun berikutnya. Dengan adanya pelebaran jalan tersebut, arus kendaraan yang melintasi jalan tersebut dipastikan lebih lancar.

Sebelum dilebarkan, lebar jalan tersebut hanya 7,5 meter, sedangkan pelebaran nantinya akan ditambah 7,5 meter.

Berdasarkan pantauan di lapangan, setiap ada kendaraan bersumbu yang melintas dari Desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo menuju Jalan Raya Pati-Juwana dengan lebar jalan hanya 7,5 meter, maka kendaraan lain yang hendak mendahului harus menunggu kondisi lalu lintas dari arah berlawanan sepi mengingat jalurnya masih sempit.

Kondisi berbeda ketika sudah melewati perempatan Jalan Lingkar Gabus, kendaraan pribadi bisa leluasa mendahului kendaraan bersumbu yang berjalan dengan kecepatan sedang karena terdiri atas empat lajur yang dipisahkan dengan median jalan.

Panjang Jalan Lingkar Pati mulai dari Desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo hingga Desa Widorokandang, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, total panjang jalur lingkar mencapai 12,5 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya