SOLOPOS.COM - Pelabuhan Kendal (JIBI/Solopos/Antara)

Pembangunan infrastruktur pelabuhan Kendal diharapkan bisa beroperasi bulan depan.

Kanalsemarang.com, KENDAL- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong pengoperasian Pelabuhan Kendal pada Desember 2015 agar bisa segera dioperasikan untuk penyeberangan antarpulau di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini sedang dilakukan lelang kapal [yang akan beroperasi] yang diikuti tiga perusahaan, harapannya kalau ini sudah ya dioperasikan minimal untuk yang ke Karimunjawa biar tidak ‘keburu’ rusak,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kabupaten Kendal, Kamis (19/11/2015).

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai meninjau pembangunan Pelabuhan Kendal bersama Penjabat Sementara Bupati Kendal Kunto Nugroho.

Menurut Ganjar, pihaknya mendukung pengoperasian Pelabuhan Kendal, apalagi jika bisa terkoneksi dengan kawasan industri.

“Jika terkoneksi dengan kawasan industri maka Pelabuhan Kendal bisa cepat dan optimal perkembangannya karena ada stimulannya,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Subarso menambahkan bahwa izin operasional Pelabuhan Kendal dari Kementerian Perhubungan sudah turun pada Agustus 2015.

“Mengenai perizinan dari Kemenhub sudah tidak ada kendala sehingga Pelabuhan Kendal bisa segera dioperasikan,” katanya.

Pelabuhan Kendal mendesak untuk segera dioperasikan mengingat tingginya jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Waktu tunggu penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang bisa mencapai empat hari sehingga adanya pengoperasian Pelabuhan Kendal dapat menjadi alternatif bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya