SOLOPOS.COM - ilustrasi jembatan (JIBI/Solopos/Antara)

Pembangunan infrastruktur Jembatan Sigandul akan menghubungkan Semarang-Purwokerto.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Pembangunan Jembatan Sigandul di Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang menghubungkan jalur tengah Semarang-Purwokerto ditargetkan selesai sebelum Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jateng, Agung Hari Prabowo di Temanggung, Kamis, mengatakan paket pembangunan Jembatan Sigandul yang merupakan proyek multi year dijadwalkan selesai pada April 2016.

Ia mengatakan hal tersebut pada pelaksanaan pembangunan Jembatan Sigandul tahap II yang menelan biaya Rp33,4 miliar. Pembangunan Jembatan Sigandul tahap II dimulai dengan ditandai pemotongan tumpeng oleh Bupati Temanggung, Bambang Sukarno di sekitar lokasi proyek.

Agung mengatakan pembangunan Jembatan Sigandul tahap II merupakan kelanjutan pembangunan Jembatan Sigandul tahap I yang telah dilaksanakan tahun lalu. Pelaksanaan tahun ini sedikit terlambat, baru bisa kontrak pada 25 Juni 2015.

“Keterlambatan ada di proses perizinan multi year dari Kementerian Keuangan. Namun alhamdulillah sudah bisa kontrak, setelah tanda tangan kontrak baru melakukan persiapan kebetulan langsung Lebaran sehingga pada kesempatan ini baru benar-benar bisa mulai aktif melakukan pekerjaan konstruksi,” katanya.

Ia menuturkan memang sedikit terlambat tetapi pihaknya sudah berkomitmen, pekerjaan selesai sesuai harapkan. Untuk itu pekerjaan dilaksanakan selama 24 jam sehari dalam dua shif dan tidak ada libur.

“Kunci keberhasilan dari waktu pelaksanaan pekerjaan ini ada di fondasi. Pekerjaan fondasi kami kerjakan 24 jam dengan dua shif sehingga nanti pekerjaan berikutnya juga bisa bagus sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Seperti diketahui, katanya sejak pembangunan tahap I pekerjaan fondasi ini ada sedikit kendala, ketika dibor keluar air yang debitnya cukup tinggi.

“Hal ini secara teknis menjadi kendala buat kami, tetapi mudah-mudahan ini nanti bisa teratasi. Hal ini juga berkah barangkali buat masyarakat berupa air yang keluar dari tanah yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat Kabupaten Temanggung.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno berharap pembangunan Jembatan Sigandul bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

“Jembatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, memperlancar arus lalu lintas, karena jalan atau jembatan lama rawan terjadi kecelakaan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya