Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Dinilai Sangat Beralasan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Banyaknya hutang negara saat ini salah satunya dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah pusat yang memprioritaskan pembangunan infrastruktur empat tahun terakhir.

Pendapat tersebut disampaikan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Lukman Hakim saat menjadi pembicara diskusi politik gelaran Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Solo di Warung Makan Mbak Yun, Rabu (13/2/2019).

“Pak Jokowi pilih infrastruktur adalah pilihan sangat sulit. Sebab pasti hutangnya banyak. Beda dengan zamannya SBY [Susilo Bambang Yudhoyono] yang memilih lebih banyak memberikan subsidi kepada rakyat. Uang Rp300 triliun digunakan subsidi BBM,” tutur dia.

Tapi Lukman mengakui apa yang dilakukan Jokowi untuk membenahi infrastruktur nasional cukup beralasan. Sebab sejak masa reformasi perhatian pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur sangat kurang. Akibatnya banyak infrastruktur yang kondisinya rusak.

Di luar itu terjadi ketimpangan yang sangat terasa dalam hal kondisi infrastruktur antar wilayah. Lukman mencontohkan terlihat jelasnya perbedaan kualitas infrastruktur jalan di Jawa Tengah (Jateng) dengan Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim).

Berbeda dengan Jateng, berdasarkan sebuah studi, Jatim dinilai sebagai provinsi yang pembangunannya paling seimbang se-Tanah Air. “Maka tak heran jalur bus Solo-Jogja justru dikuasai bus-bus dari Surabaya. Bus lokal bumel, panas, dan tarif mahal,” ujar dia.

Dilema lain yang terjadi di tengah masyarakat akibat dari kebijakan prioritas pembangunan infrastruktur nasional menurut Lukman yaitu menurunnya daya beli masyarakat. Situasi itu berbeda dengan zaman SBY yang memprioritaskan pemberian subsidi ke rakyat.

“[Zaman SBY] Beda dengan sekarang karena tidak ada lagi subsidi. Masyarakat dibiarkan sendiri. Jokowi pilih membangun infrastruktur. Tapi sekarang Jokowi memilih untuk mengampanyekan tentang pembangunan SDM. Tapi SDM yang seperti apa,” imbuh dia.

Sedangkan pembicara lainnya, Okta Hadi Nurcahyono yang juga dosen UNS menyoroti karakteristik pemilih di Kota Solo. Menurut dia dilihat dari sejarahnya, terdapat begitu banyak ideologi di Kota Bengawan mulai dari yang paling “kanan” hingga paling “kiri”.

“Pergerakan politik di Solo berbasis komunal atau komunitas sehingga dipengaruhi keberadaan dan peran media sosial,” urai dia. Diskusi politik HMI Solo di Warung Mbak Yun diikuti 100 an generasi muda atau calon pemilih milenial di Kota Bengawan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Menari Bermasker di Pendapa Bupati Wonogiri Jadi Tantangan Tersendiri

Menari memakai masker adalah tantangan tersendiri karena membuat ngos-ngosan atau sulit bernapas.

4 Bahan Kimia Ini Harus Dicoret dari Produk Kecantikan

Ada sejumlah bahan kimia di produk kecantikan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Pemadaman Listrik Karanganyar Hari Ini (21/10/2021), Daerah Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar hari ini, Kamis (21/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Ini daerah yang terdampak.

Objek Wisata Dibuka, Desa Conto Wonogiri Ramai Didatangi Wisatawan

Kali terakhir objek wisata ini banyak didatangi pengunjung pada momen libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021).

Dimutasi Setelah Picu Kontroversi, Aipda Ambarita: Satya Haprabu!

Aksi Ambarita menuai banyak kritik, salah satunya dari Kompolnas yang menyebut menggeledah tanpa surat perintah keliru.

Doa Ketika Ada Petir dan Hujan Lebat, Dilengkapi Latin Plus Artinya

Berikut ini terdapat doa ketika ada petir dan hujan turun dengan lebat, yang dilengkapi dengan latin beserta artinya.

Eaalaah...Admin Humas Polda Cecar Warganet di DM Instagram

Selain menegur, admin akun Humas Polda Kalteng juga meminta warganet tersebut untuk datang ke Kantor Humas Polda Kalteng.

Lirik Lagu Buih Jadi Permadani - Woro Widowati feat Nophie 501

Berikut ini lirik lagu Buih Jadi Permadani dari Woro Widowati feat Nophie 501. yang tayang pada Minggu, 17 Oktober 2021 di Youtube dan trending.

Uji Petik Digelar Lagi, Tak Ada Klaster Covid-19 Sekolah di Klaten

Uji petik dilakukan dengan sasaran 10 siswa dan dua guru di setiap kecamatan.

Satgas Klaten Tepis Anggapan Vaksinasi hanya Syarat ke Objek Wisata-Mal

Edukasi terkait vaksinasi masih perlu dilakukan meski capaian vaksinasi di Klaten secara umum sekitar 76,84 persen.

Hasil Lengkap Liga Champions: Chelsea Menang Telak, MU Nyaris Keok

Pertandingan ketiga Grup E hingga Grup H telah selesai pada Kamis (21/10/2021) dini hari WIB.

Populasi Koala Berkurang, Ilmuwan Australia Uji Coba Vaksin Klamidia

Para ilmuwan di sebuah universitas Australia berharap dapat membantu agar populasi koala yang kian berkurang menjadi lebih sehat dengan vaksin klamidia untuk hewan berkantung.

Batasan Usia Dicabut, Ini Poin-Poin Aturan SE Terbaru Wali Kota Solo

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru yang meniadakan aturan pembatasan usia anak-anak boleh mengunjungi mal, tempat wisata, dan tempat umum lainnya.

Pembatasan Kuota Solar Bersubsidi, Sopir Ngaku Rugi Waktu dan Materi

Sejumlah pengusaha dan sopir mengeluhkan pembatasan kuota BBM subsidi jenis biosolar yang membuat rugi tenaga dan waktu.

Jokowi Minta Bupati Awasi Pembelajaran Tatap Muka

Berkaca dari pengalaman negara lain, kasus Covid-19 kembali meningkat saat PTM kembali digelar.

Round Up: Atap Masjid Besar Nguter Sukoharjo Ambrol, Salah Konstruksi?

Polisi menduga ada kesalahan konstruksi pada rangka atap serambi Masjid Besar Al Furqon, Nguter, Sukoharjo, yang ambrol pada Rabu (20/10/2021).