SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Debat terakhir Pilpres 2019, Sabtu (13/4/2019) malam WIB, sudah berlangsung seru sejak awal. Capres nomor urut 01, jawaban Joko Widodo (Jokowi) soal kebijakan untuk menstabilkan harga komoditas pertanian dan perikanan langsung disambar Prabowo dengan mangatakan kebijakan pemerintah salah jalan.

Jokowi menghadapi pertanyaan soal strategi dan kebijakan konkret menjaga stabilitas harga komoditas pertanian dan perikanan. “Strategi ke depan adalah hilirisasi. Kita butuh industrialisasi, pengolahan, pengalengan, sehingga yang kita ekspor barang yang sudah diolah, bukan barang mentah,” kata Jokowi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menanggapi hal ini, Prabowo langsung menyampaikan protesnya. “Justru di sini letak masalah, dimana saya singgung ekonomi kita salah arah, terjadi deindustralisasi,” ungkap Prabowo. “Tadi niat pak Jokowi bagus [hilirisasi], tapi kenapa mengizinkan import, kenapa tidak kita bangun industralisasi. Kenapa justru gencar membangun infrastruktur,” lanjutnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Prabowo menyebut, pembangunan infrastruktur lebih menguntungkan pelaku pasar global, bukan domestik. “Perlu ada reorientasi pembangunan, perlu ada policy yang tegas agar pelaku industri dalam negeri kita lebih sejahtera,” sebut Prabowo.

Menanggapi pernyataan Prabowo, Jokowi menyebut pengelolaan ekonomi makro beda dengan ekonomi mikro. “Perlu ada tahapan besar, tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan. Infrastruktur dulu ini yang kita bikin, lalu kita lakukan pembangunan suber daya, lalu sampai ke reformasi teknologi.”

Berbeda dari protes awalnya, Prabowo mengaku tak menyalahkan Jokowi. “Saya terus terang saja tidak menyalahkan pak Jokowi, ini salah kita bersama, kita harus berani mengoreksi diri, kita harus mencontoh RRC yang mampu melakukan loncatan ekonomi,” kata Prabowo.

Prabowo lantas menyebut kesalahan ini sudah terjadi sejak presiden sebelum-sebelumnya. “Ini kesalahan kita semua. Jadi kita ini salah jalan, kita harus kembali ke UUD,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya