SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Pemerintah Desa Hargomulyo berupaya untuk membangun desa dengan semangat perubahan mental di setiap warga.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Desa Hargomulyo berupaya untuk membangun desa dengan semangat perubahan mental di masing-masing diri masyarakatnya. Hal tersebut dirasakan perlu mengingat Sumber Daya Manusia di Desa Hargomulyo perlu dibangkitkan untuk menjadikan Desa lebih berkembang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Desa Hargomulyo, Sumaryanta mengatakan bahwa pembangunan mental masyarakat di desanya mesti diprioritaskan kembali. Hal tersebut dilakukan seiring berjalannya pembangunan fisik yang dikatakannya telah berjalan hampir seratus persen. Penggunaan dana desa yang dimanfaatkan untuk membangun fisik di antaranya adalah pembuatan cor rabat, membangun talut di sejumlah titik desa.

“Sudah sekitar 80% pembangunan fisik terselesaikan, sekarang giliran pembangunan SDMnya, ” kata dia, Minggu (31/7/2016).

Sumaryanta mengakui bahwa Kecamatan Gedangsari masih merupakan daerah yang tertinggal, namun ia yakin bahwa Gedangsari akan segera diprioritaskan terutama dalam pembangunan desa. Hal tersebut diharapkannya dapat segera dipenuhi oleh pemerintah kabupaten.

Untuk mendukung hal tersebut ia mencoba untuk membuat masyarakat setidaknya bergerak turut mengembangkan desa dengan berbagai cara. Ia pun mengatakan tak dapat seratus persen mengharapkan dana pembangunan dari pemerintah. Untuk itu, ia berharap masyarakat dapat berswadaya baik tenaga maupun materi. Menurutnya, makna dari berswadaya dapat memperbaiki kualitas SDM. Dengan berswadaya, akan membuat masyarakat menanamkan rasa ingin memiliki dan bersama-sama membangun desa lebih maju.

“Jangan sampai tertinggal dengan wilayah lain, akan kami coba terobosan-terobosan terbaru,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya