Pembangunan Bandara di Purbalingga Dikebut, Target Selesai Lebaran 2020

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Bandara Jenderal Besar Soedirman atau yang populer disebut Bandara Wirasaba ditarget bisa beroperasi pada Lebaran 2020. Bahkan, proses pembangunan bandara yang terletak di Kabupaten Purbalingga itu ditarget selesai dalam kurun 12 bulan setelah dilakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pada Juni nanti.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaludin, mengaku mendapat dua pekerjaan utama dari Menteri BUMN, Rini Soemarno. Salah satunya, yakni mempercepat pembangunan bandara yang bakal menjadi andalan warga sekitar Banyumas.

Untuk itu, Awaludin mengaku setelah proses land clearance, pihaknya pun melakukan percepatan terkait penyelesaian lahan dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

“Penyediaan lahan dari Pemda, harganya sudah melambung tinggi. Izin amdal, pekan ketiga Juni akan bertemu dengan tim supervisi. Untuk dasar induk bandara, agar semua ideal, jangan sampai ada tuntutan hukum atau tuntutan dari masyarakat, maka amdal harus beres. Sidang amdal sudah selesai, tinggal putusannya Juni mendatang,” terang Awaludin saat audiensi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Kota Semarang, Rabu (29/5/2019).

Saat ini telah dilakukan pengukuran tanah dan pengosongan lahan, yakni ada lima hektar lahan tebu. Lahan 115 ha milik TNI AU serta 3,8.

Rencananya pada tahap I, Bandara Jenderal Soedirman dapat melayani penerbangan dengan pesawat ATR 72-600 dan sejenisnya. Kapasitas parkir pesawat dirancang untuk 3 unit pesawat ATR 72.

“Untuk pembangunan runway akan dilakukan 1.600 meter sebagai prioritas utama. Juni proses konstruksi. Untuk desain akan dirancang semi modern dan tradisional,” katanya.

Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga tersebut bakal memiliki runway atau landasan pacu sepanjang 1.600 meter. Di mana runway saat ini masih berupa rumput sepanjang 850 meter. Panjang runway akan ditambah di tahap kedua hingga sepanjang 2.500 meter beserta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berharap mudik Lebaran tahun depan bandara tersebut sudah bisa beroperasi.

“Dengan perencanaan tersebut, diasumsikan pergerakan penumpang bisa mencapai 1 juta per tahun. Harapannya tahun depan sudah ada pesawat landing di Purbalingga. Rencana pembangunan yang mulanya 16 bulan di-push jadi 12 bulan,” katanya.

Dengan pembangunan tersebut Ganjar menaksir, bukan hanya Purbalingga yang bakal mendapat manfaat. Namun daerah lain di luar eks-Keresidenan Banyumas juga menerima berkah, terutama Kabupaten Pemalang karena sudah ada jalur penghubung ke Purbalingga.

“Bahkan Purwokerto ini yang paling siap. Infrastruktur, tata kota dan sosial serta penunjang lain seperti hotel Purwokerto paling siap. Tapi Banjarnegara dan Wonosobo pun juga bakal semakin terangkat dengan bandara ini,” katanya.

Bandara Jenderal Besar Soedirman itu merupakan satu dari empat bandara yang jadi prioritas utama Pemprov Jateng untuk dikembangkan. Begitu Bandara Ahmad Yani selesai, Ganjar kini tengah mempercepat pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman, Dewadaru, Karimunjawa, dan Bandara Ngloram di Blora.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Gelar Sukmawati Soekarnoputri Setelah Menganut Agama Hindu

Putri Presiden Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, resmi menjadi penganut agama Hindu setelah menjalani prosesi upacara Sudhi Wadani.

Dosen UGM Komentari Kasus Menwa UNS Solo: Hapus Militerisme di Kampus!

Pengajar senior yang juga Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM, Najib Azca, ikut mengomentari kasus Menwa UNS Solo.

Sejarah Sirkuit Internasional di Bintan Batam Dimulai dari Sekarang

Sirkuit kelas internasional di Bintan, Batam, bakal dibangun dan ditarget selesai tahun 2023.

Solo Youth Edutech Festival 2021 Digelar Model Hybrid, Begini Konsepnya

YRP Solo mengadakan Solo Youth Edutech Festival 2021 mulai Selasa hingga Jumat menggunakan konsep hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka langsung.

Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Aneka peristiwa terjadi di dunia pada 27 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya terkait dimulainya Kongres Pemuda II di Jakarta.

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

Smartphone Sadis, Sony Xperia Pro-I Seharga Rp25 Jutaan Dirilis

Sony Xperia Pro-I resmi diluncurkan dibanderol $1.799,99.

Ini Target Waktu Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo Seksi 1

Proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo di Purwomartani, Kalasan sudah menyerap anggaran Rp344 miliar.

5 Bocah Main Air di Sungai, 1 Hilang

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Ustaz di Lampung Unggah Video Dibegal, Eh Ternyata Abal-Abal

Karena menyebut nama Lampung, video rekayasa pembegalan itu dianggap membikin resah.

Nekat Goda Pacar Orang, Pria di Sidoarjo Jawa Timur Tewas Dikeroyok

Nekat goda pacar orang, seorang pemuda meninggal setelah menjadi korban pengeroyokan di kawasan GOR Sidoarjo, Jawa Timur.

Jumlah Subscriber Atta Halilintar Naik Pesat, Ini Kuncinya

Meski mengaku tak lagi ngaya, kenyataannya jumlah subscriber di channel Youtube Atta Halilintar tetap saja bertambah.

Langgar PPKM, Holywings dan Kafe Marabunta di Semarang Disegel

Dua kafe di Semarang, yakni Holywings dan Marabunta, disegel polisi karena melanggar aturan PPKM level 1 dengan buka lebih dari pukul 24.00 WIB.

Ini Skema Hyundai Hadapi Penyetopan Mobil Bensin-Solar Tahun 2050

Skema Hyundai hadapi kebijakan penyetopan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan solar.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.