SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pembangkit Tenaga Angin JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Ilustrasi Pembangkit Tenaga Angin
JIBI/Harian Jogja/Reuters

JAKARTA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) berbahan bakar angin pertama di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan itu seusai menyetujui investor asal Amerika Serikat membangun PLTB di Jogja.

“Jadi ada investor dari Amerika Serikat akan melakukan investasi Bayu Energi [energi angin] karena ini masuk energi terbarukan. Sehingga pemerintah ingin dipercepat,” ungkap Sri Sultan saat ditemui di Gedung Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (15/5).

Nantinya PLTB ini akan dibangun di Bantul dengan kapasitas listrik yang akan dihasilkan sebesar 50 megawatt (MW).

“Ini di Bantul Jogja untuk menghasilkan 50 MW di Pantai Selatan. Mereka sudah melakukan pengkajian sudah lima tahun yang lalu dan membuat percobaan. Kami akan memfasilitasi. Pak Jero [Jero Wacik, Menteri ESDM] memproses dan ESDM membentuk tim energi terbarukan. Tinggal aspek teknis saja untuk proses di BKPM-nya [Badan Koordinasi Penanaman Modal]. Nantinya listrik bakal dibeli PLN,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya