Pembalap Dorna Sports Ogah Dikarantina, IDI: Tak Ada Kecuali!

Diketahui, Indonesia akan menyelenggarakan ajang balap MotoGP di Mandalika tahun 2022 ini.

 Dorna Sport mengancam absen di MotoGp karena menolak karantina

SOLOPOS.COM - Dorna Sport mengancam absen di MotoGp karena menolak karantina

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban menyoroti Dorna Sports yang dikabarkan ogah melakukan karantina di Indonesia yang akan menyelenggarakan ajang balap MotoGP dan GP One.

Diketahui, Indonesia akan menyelenggarakan ajang balap MotoGP di Mandalika tahun 2022 ini. Indonesia memiliki aturan karantina 7×24 jam bagi siapapun yang masuk dari luar negeri.

PromosiFajar Kebangkitan Industri Penerbangan Makin Terang

Menurut Zubairi tidak ada pihak yang bisa mangkir dari aturan tersebut sekalipun tim Dorna Sports.

“Dorna Sports ogah ikut karantina? Tidak bisa begitu. Siapapun harus diperlakukan sama, masa karantina di Indonesia 7 x 24 jam (saat ini). Virus tidak mengenal apakah Anda itu dokter, wartawan, diplomat, anggota DPR, atau Novak Djokovic. Tidak ada pengecualian. PAHAM?” tulis Zubairi melalui akun Twitter @ProfesorZubairi, Selasa (18/1/2022) seperti dikutip Solopos.com dari Bisnis.

Baca Juga: Jokowi Izinkan MotoGP Mandalika Disaksikan 100.000 Penonton

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan pemerintah tak terima dengan adanya ancaman pihak tertentu membatalkan ajang MotoGP 2022 di Mandalika jika kewajiban karantina tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

“Saya ingin sampaikan di sini secara tegas kita ini negara hukum. Indonesia adalah negara hukum yang sudah menerapkan pengendalian pandemi Covid-19 sesuai dengan kaidah terbaik, dan kita sudah menjadi best practice,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Sebelumnya, CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta berencana membatalkan ajang MotoGP jika pemerintah RI tetap memberlakukan aturan wajib karantina bagi peserta dan kru.

Baca Juga: Kehabisan Kamar Jelang MotoGp Mandalika? Tenang, Ada Hotel Terapung

Menurut Sandiaga, Indonesia sedang fokus dalam menangani pandemi Covid-19 dan kebijakan ekonomi. Karena itu, dia menyatakan pemerintah tidak akan menerima ancaman dari pihak yang mengaku siap membatalkan ajang MotoGP karena kebijakan penanganan pandemi pemerintah.

“Kita akan selesaikan kewajiban (penanganan pandemi dan kebangkitan ekonomi) kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan travel bubble menjadi skema yang diterapkan pada periode karantina yang berlaku untuk kru, pembalap, dan penyelenggara resmi (officials) MotoGP.

Baca Juga: Presiden Puas dengan Persiapan MotoGP Mandalika

Ketentuan karantina tersebut mengatur kru, pembalap, dan officials MotoGP untuk menginap di sebuah hotel khusus. Seluruh petugas yang terlibat di hotel maupun di Sirkuit Mandalika seperti sopir, pengurus hotel, petugas kebersihan, dan kru lokal, tak diizinkan berinteraksi secara fisik dengan pihak di luar bubble.

Sehingga pembalap, kru, dan officials MotoGP tetap dapat melakukan persiapan yang diperlukan walaupun sedang melakukan karantina.

“Skema travel bubble ini sudah akan diterapkan sejak ketibaan seluruh pembalap, kru, dan officials di Malaysia untuk pre-season test sebelum berangkat ke Mandalika di bulan Februari (2022),” ungkap Sandiaga.

Sumber: Bisnis.com

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Jake Daniels dan Para Pesepak Bola Gay dalam Pusaran Liga Inggris

Penyerang muda berbakat Blackpool FC, Jake Daniels, 17, mengejutkan dunia dengan pengakuannya sebagai satu-satunya pesepak bola profesional Inggris yang berstatus sebagai gay.

Wakil Spanyol Paling Sering, Berikut Ini Daftar Juara Liga Europa

Ini adalah gelar Liga Europa kali kedua yang diraih Frankfurt setelah sebelumnya mendapatkannya pada 1980.

Rekor Jumlah Penonton Final Liga Europa, Siapa Terbanyak?

Laga seru final Liga Europa antara Eintracht Frankfurt versus Rangers disaksikan 38.842 penonton dari kedua tim.

Wow! Mesut Ozil Beri Kejutan akan Datang ke Indonesia

Mesut Ozil mengumumkan akan datang ke Indonesia melalui Instagram Story yang diunggah Kamis (19/5/2022).

Jadwal Live Semifinal SEA Games Thailand vs Indonesia, Pukul 16.00 WIB

Laga semifinal sepak bola putra SEA Games antara Thailand vs Indonesia akan disirakan langsung RCTI dan iNews dengan kick-off pukul 16.00 WIB.

Siap-Siap, Persis Solo Segera Jaring Talenta Muda

Sebelumnya, sebanyak 12 sekolah sepak bola (SSB) di Soloraya dinyatakan lolos verifikasi program Sinergi Akademi Sambernyawa Batch 1.

Jelang Thailand vs Indonesia, STY: SEA Games Beda dengan Piala AFF

Bagi Shin Tae-yong (STY), ajang SEA Games berbeda dengan Piala AFF di mana Indonesia kalah di final Piala AFF 2020 dari Thailand.

Jelang Semifinal Thailand vs Indonesia: Marc Klok Tebar Ancaman

Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok mengatakan dalam kondisi oke jelang menghadapi Thailand pada semifinal SEA Games 2022 di Stadion Thien Truong, Kamis (18/5).

Sakjose! Frankfurt Juara Liga Europa Tanpa Tersentuh Kekalahan

Eintracht Frankfurt  menjadi juara Liga Europa 2021-2022 tanpa pernah menelan kekalahan.

Eintracht Frankfurt Juara Liga Europa Lewat Drama Adu Penalti

Eintracht Frankfurt  menjuarai Liga Europa 2021/2022 setelah menang adu penalti 5-4 (1-1) melawan Rangers pada partai final di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Perolehan Medali SEA Games 2021, Target Indonesia Masih dalam Jangkauan

Vietnam hampir pasti tak bisa terkejar lagi di posisi pertama daftar perolehan medali SEA Game 2021.

Mau ke Surabaya Fisik Pemain Malah Ngedrop, Persis Solo Bergerak Cepat

Pelatih Jacksen Tiago menyatakan Persis Solo pasti tidak akan dalam kondisi siap 100 persen menghadapi laga uji coba di Surabaya.

Gagal Raih Medali Nomor Lari, Lalu Muhammad Zohri Sebut Belum Rezeki

Dalam perjalanan menuju SEA Games Vietnam, Zohri sempat mengalami cedera hamstring saat turun dalam Kejuaraan Dunia Atletik Indoor di Stark Arena, Belgrade, Serbia, pada 18-20 Maret.

Timnas Futsal Indonesia Cetak Sejarah di Arena SEA Games

Indonesia sudah menuntaskan empat jadwal pertandingan mereka, sedangkan tuan rumah Vietnam dan Thailand akan bertemu di rangkaian laga hari terakhir pada Jumat (20/5/2022).

Andri Ibo Pilih Gabung Persis Solo karena Faktor yang Satu Ini

Andri Ibo kenal Persis Solo untuk kali pertama dari Juan Marcelo Cirelli.

Penjualan Tiket Persebaya Vs Persis Resmi Dibuka, Ini Ketentuannya

Tiket dijual secara offline dengan pembelian maksimal 1 tiket untuk 1 orang mengacu pada regulasi yang ditetapkan oleh manajemen Persebaya Surabaya selaku pihak penyelenggara.