Tutup Iklan

Pembagian 1.000 Pincuk Nasi Liwet Tutup Solo Imlek Fair 2018

Pembagian 1.000 Pincuk Nasi Liwet Tutup Solo Imlek Fair 2018

SOLOPOS.COM - Warga antre mengambil nasi liwet saat Closing Ceremony Solo Imlek Fair 2018 di halaman parkir Benteng Vastenburg, Solo, Rabu (14/2/2018) malam. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Panitia Solo Imlek Fair menutup acara tersebut dengan membagikan 1.000 pincuk nasi liwet  gratis kepada masyarakat.

Solopos.com, SOLO -- Panitia Solo Imlek Fair (SIF) 2018 secara resmi menutup acara tersebut di Benteng Vastenburg, Solo, Rabu (14/2/2018) malam. Panitia menutup seluruh acara dengan membagikan 1.000 pincuk nasi liwet yang dibagikan gratis kepada para pengunjung.

“Penutupan dengan nasi liwet ini memang baru tahun ini kami lakukan. Tahun ini kami memang ingin mengangkat kearifan lokal salah satunya kuliner khas Solo yaitu nasi liwet,” ujar Ketua Panitia SIF, Tanu Kismanto, ketika ditemui wartawan di sela-sela penutupan SIF.

Panitia membagikan 1.000 pincuk nasi liwet kepada para pengunjung dengan harapan bisa menjadi satu pesan yakni selain merayakan Tahun Baru Imlek juga merayakan akulturasi budaya. Pembagian nasi liwet itu juga sebagai pengganti kembang api yang selama ini sering dilakukan setiap pergantian Tahun Baru Imlek.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek 2569/2018 tahun ini panitia tidak menyalakan kembang api seperti tahun-tahun sebelumnya karena izin menyalakan kembang api yang diajukan tak keluar. Panitia melibatkan 10 penjual nasi liwet yang sering menjajakan dagangan di Solo. Sekaligus ini untuk memberdayakan para pedagang ini agar lebih banyak dikenal masyarakat luas.

Pengunjung SIF ini tidak hanya datang dari Kota Solo, melainkan datang dari berbagai daerah di luar Kota Solo. Hal ini sekaligus memberi kesempatan para peserta SIF yang semuanya dari UMKM untuk mempromosikan produk mereka.

“Nasi liwet itu diberikan gratis. Meski demikian pengunjung harus mempunyai voucher yang juga dibagikan gratis. Ini hanya untuk membatasi dan menjaga ketertiban,” kata dia.

Soal penyelenggaraan SIF tahun ini, Tanu berharap agar fasilitas lokasi seperti paving block yang ada diperbaiki. Ada beberapa tempat yang rusak sehingga ketika hujan airnya masuk ke lokasi SIF.

Kendati demikian, Tanu berterima kasih kepada pemerintah daerah yang dinilai telah memberi tempat strategis di tengah kota. “Pavingnya bergelombang, mungkin karena biasa digunakan parkir bus atau kendaraan lainnya sehingga paving tidak rata sehingga jika turun hujan tergenang air dan ada yang masuk ke tenda-tenda stan,” kata Tanu.

Sementara itu, Ketua Panitia Bersama Solo Imlek 2018, Sumartono Hadinoto mengatakan meski SIF resmi ditutup, lampion yang banyak menarik masyarakat belum dilepas. Rencananya lampion baru diturunkan pada 4 Maret.

Untuk itu dia meminta maaf kepada masyarakat luas terutama masyarakat pengguna jalan yang melintas di kawasan Pasar Gede. Setiap malam kawasan tersebut dipenuhi masyarakat yang ingin mengabadikan keindahan lampion sehingga mengganggu kelancaran arus lalu-lintas.

Di sisi lain, dia meminta masyarakat tak mudah didera konflik yang dipicu hal-hal yang tak semestinya bisa dihindari. “Mari kita jaga Kota Solo yang kondusif dan tak pernah ada konflik ini. Karena orang Solo sebenarnya cinta damai. Dulu konflik yang pernah ada akibat dibuat orang luar Solo yang mempunyai kepentingan tertentu,” kata dia.

Sementara itu salah seorang pengunjung SIF yang ikut menikmati nasi liwet gratis, Helen, warga Ngringo, Jaten, Karanganyar, mengaku senang mendapat nasi liwet. Siswa kelas VI SD yang datang bersama kakak dan kedua orang tuanya ini datang ke SIF untuk menghibur penonton.

“Saya ke sini tadi untuk menari pada penutupan SIF. Karena itu ketika mendapat voucher nasi liwet terus saya tukarkan,” kata dia.

Salah seorang warga lainnya, Wahyono, juga senang mendapat nasi liwet. Warga Cuplik, Sukoharjo, ini mengaku mendapat voucher dari panitia. “Nasi liwet ini memang gratis. Lumayan untuk mengisi perut sembil menikmati hiburan di sini,” kat dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tanda Tangan Kontrak Baru, Roberto Mancini Latih Timnas Italia hingga 2026

Pelatih tim nasional Italia Roberto Mancini telah menandatangani kontrak baru yang berlaku hingga Juni 2026.

Jegal Persik Kediri, Persis Solo Boyong Rivaldi Bawuo

Selain fasih sebagai winger kiri, posisi utamanya, Rivaldi dapat dimainkan sebagai winger kanan maupun penyerang tengah.

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.