SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Reuters

JOGJA-Masalah jaminan keamanan menjadi persoalan bagi keempat tersangka kasus pembacokan anggota TNI Sertu Sriyono. Hal itu mengingat peristiwa Lapas Cebongan yang menewaskan empat tahanan kasus penganiayaan yang menewaskan anggota Kopasus Serka Heru Santoso, beberapa waktu lalu.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Namun, Danrem O72 Pamungkas, Bridjen (TNI) Adi Widjaja dengan tegas menjamin keamanan keempat tersangka yang membacok anggotanya. Menurutnya, tidak akan ada lagi anggota TNI yang neko-neko pascatragedi Lapas Cebongan beberapa waktu lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sampai saat ini belum ada permintaan resmi soal keamanan itu. Tetapi, saya jamin keamanan mereka. Itu kan sudah dilidik kepolisian. Tidak ada yang neko-neko lagi,” jelas Adi saat dikonfirmasi, Selasa (14/5).

Sementara, Kasi Pidum Kejari Yulianto mengaku akan berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI demi keamanan para tersangka yang dititipkan ke Rutan Wirogunan. Alasannya, kasus Marcel dan kawan kawan tersebut sensitif sehingga harus ada antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI,” usai mendapat pelimpahan berkas dari Polresta Jogja, Selasa (14/5).

Adapun Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM DIY Rusdiyanto sudah memerintahkan Kepala Rutan Wirogunan agar berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI setempat.

“Bukan jaminan keamanan tetapi koordinasi soal pengamanan,” ungkap Rudiyanto saat dihubungi Harianjogja.com.

Marcelinus, 37 bersama tiga orang temannya, Yanuarius Ponis Putra, 25, Sulham Makmun, 23, dan Zainal Arifin Karobin, 22 dititipkan oleh pihak kejaksaan ke Rutan. Mereka terlibat keributan dengan Sertu Sriyono di Jalan Dr Sutomo, saat melerai percekcokan antara Marcel dan kawan kawan dengan kelompok Tomy, Rabu (20/3) silam.

Akibatnya Sriyono mengalami tiga luka bacok di kepala. Beruntung nyawa Sriyono selamat. Kasus tersebut terjadi sehari setelah kasus penganiayaan di Hugos Caffe, yang menewasta Anggota Kopasus Sertu Heru Santoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya