SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pemandu lagu plus kini menjadi “profesi” baru para gadis-gadis belia di sejumlah kota, tak terkecuali di Kota Madiun. Ingin tahu alasannya?

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Menjamurnya tempat hiburan malam di sejumlah kota tak bisa dilepaskan begitu saja dampak negatifnya. Salah satu yang kini tengah menjamur ialah tempat karaoke.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Kota Madiun, lebih dari 20-an tempat karaoke menjamur dalam dua tahun belakangan ini. Keberadaan tempat karaoke-karaoke tersebut sedikit banyak melibatkan sejumlah gadis belia yang bertugas sebagai pemandu lagu.

Sebagai sebuah profesi, para pemandu lagu sangat lekat dengan aktivitas pergaulan bebas, pakaian seksi, dan yang lagi ngetren sekarang ialah bisa di-booking.

Direktur Yayasan Bambu Nusantara Madiun, Titik Sugianti, mencatat jumlah pemandu lagu di Kota Madiun saat ini tak kurang dari 160 orang. Mereka adalah gadis-gadis belia yang berusia antara 25-35 tahun.

“Kehidupan mereka ini sangat rentan terserang penyakit inveksi menular. Kami terus melakukan pembinaan kepada mereka tentang kesehatan,” ujar Titik saat berbicang dengan Madiun Pos di ruang kerjanya, Rabu (13/5/20150).

Menurut Titik, kehidupan para pemandu tersebut tak bisa dilepaskan dari aktivitas seks di luar nikah. Bahkan cenderung sangat bebas. “Mereka mungkin selama di tempat hiburan memang hanya menjadi pemandu lagu. Tapi, di luar itu?” ujarnya.

Berdasarkan hasil pendampingan Bambu Nusantara, rata-rata alasan para gadis belia menjadi pemandu plus ialah karena dorongan ekonomi. Namun, tak sedikit dari mereka hanya mengikuti gaya hidup.

“Sebagian karena menuruti gaya hidup, ingin punya handphone, rambut diwarnai dan perawatan tubuh lainnya. Dan caranya ya menjadi pemandu lagu gituan,” terangnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya