SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia mengidentifikasi ikan purba yang ditemukan oleh pemancing di perairan Kampung Sopen, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Sekretaris Dirjen Tata Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Agus Darmawan di Sorong, Kamis mengatakan, para pengancing di Raja Ampat menemukan ikan langka atau Coelacanth di perairan Kabupaten Raja Ampat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan, Coelacanth merupakan urutan ikan langka yang sekarang termasuk dua spesies yang masih ada di genus Latimeria. Coelacanth Samudra Hindia Barat terutama ditemukan di dekat Kepulauan Comoro di lepas pantai timur Afrika dan coelacanth Indonesia.

“Namun jenis ikan coelacanth yang ditemukan di Raja Ampat sedikit berbeda dengan yang telah ditemukan sebelumnya sehingga diidentifikasi oleh Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong,” ujarnya sebagaimana dilansir Antara.

 Ikan purba langka ditemukan di Raja Ampat (Istimewa-Okezone)

Ia menjelaskan, jenis Ikan coelacanth yang ditemukan di Raja Ampat masih memiliki hubungan kekerabatan dengan yang ditemukan di Manado sebelumnya. Tetapi terdapat beberapa perbedaan sehingga coelacanth Raja Ampat diduga masuk dalam subgroup sendiri dan butuh identifikasi lebih jauh lagi.

Jenis  coelacanth Raja Ampat populasi beda dengan yang pernah ditemukan di Manado atau new population. Sebab itu penulisan nama ilmiah yang sah saat ini adalah Latimeria menadoensis atau coelacanth populasi Raja Ampat.

“Walaupun terdapat beberapa perbedaan dengan yang ditemukan di Manado sebelumnya, coelacanth yang ditemukan di Raja Ampat ini belum dapat disimpulkan spesies baru karena harus diteliti lebih jauh,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya