SOLOPOS.COM - Para pelaku pemalsu air mineral galon berserta barang bukti solder, tutup galon dan pompa air yang digunakan para pelaku mengisi galon dengan air sumur. Polres Bantul, Sabtu (13/8) (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Pemalsuan minuman kemasan terungkap di Bantul.

Harianjogja.com, BANTUL—Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Bantul mengamankan tiga pelaku produsen air minum kemasan palsu. Kepala Unit Reskrim, Anggaito menunjukkan sejumlah tutup air mineral galon yang telah direkatkan kembali dengan solder sebagai barang bukti. Sabtu (13/8/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Modus yang dijalankan oleh pelaku adalah mengumpulkan galon asli beserta tutup yang telah kosong dari pengepul. Para pelaku kemudian mengisi galon dengan air sumur. Saat penangkapan turut disita satu buah pompa air yang digunakan oleh pelaku untuk langsung mengisi galon tersebut dengan air sumur.

Setelah galon terisi penuh pelaku kemudian menutup kembali galon dengan tutup aslinya. Caranya, pelaku menyolder di bagian dalam tutup tersebut sehingga nampak seperti masih tersegel. Setelah tutup rapat dan nampak seperti baru, pelaku kemudian memasukkan tutup ke dalam air panas supaya tutup lentur, sehingga mudah direkatkan kembali dengan galon.

Sekilas galon yang asli dengan yang palsu susah dibedakan. Namun jika diamati lebih jeli galon yang palsu akan terlihat bekas solder yang digunakan untuk merekatkan tutup. Selain itu galon yang palsu tutupnya menjadi lebih rapat dan susah untuk dibuka karena sebelumnya telah direndam di dalam air panas.

“Air mineral galon yang palsu kalau disimpan lebih dari dua bulan akan ada jentik-jentik di dalamnya,” kata Anggaito kepada wartawan di kantor Polres Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya