Tutup Iklan
Pemakaman Jenazah Gus Im di Jombang Dihadiri Gubernur Khofifah
Proses pemakaman Gus Im di Jombang (Detik.com)

Solopos.com, JOMBANG -- Jenazah adik kandung Gus Dur, KH Hasyim Wahid atau Gus Im dimakamkan di Ponpes Mamba'ul Ma'arif, Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Proses pemakaman dihadiri keluarga juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Pemakaman Gus Im dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Jenazah cucu pendiri NU ini lebih dulu disalati di Masjid Jami' Ponpes Mamba'ul Ma'arif. Salat jenazah dipimpin Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Nampak anggota keluarga Ponpes Mamba'ul mengikuti salat tersebut. Seperti Muhaimin Iskandar, Halim Iskandar dan Pengasuh Ponpes Mamba'ul Ma'arif KH Abdul Salam.

Kabar Duka: Adik Bungsu Gus Dur, Gus Im, Meninggal Dimakamkan di Jombang

Usai disalati, jenazah Gus Im langsung dibawa ke kompleks pemakaman keluarga Mamba'ul Ma'arif dengan iringan tahlil. Pemakaman keluarga ini berada di sebelah barat masjid pesantren.

Keluarga Gus Im dari garis keturunan ayahnya, KH Wahid Hasyim hadir di lokasi pemakaman. Seperti kakak kandungnya Lily Chadijah Wahid dan keponakannya atau putri kedua Gus Dur.

"Dari keluarga Denanyar dan Jakarta, saya ucapkan terima kasih dan minta maaf. Maaf bila almarhum ada salah dan khilaf," kata Lily Wahid dalam sambutannya di prosesi pemakaman Gus Im, Sabtu (1/8/2020) malam.

Ingin Lihat Makam Istri, Pria di Gowa Panjat Tower Bersama 3 Anaknya

Dikutip dari Detik.com, jenazah Gus Im dimakamkan tepat di sebelah makam sepupunya, KH Abdul Wahid Aziz Bisri. Karena semasa hidupnya, Gus Im mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan Kiai Wahid Azis. Mereka sama-sama tinggal di Jakarta.

Tempat peristirahatan terakhir Gus Im sekitar dua meter di sebelah utara makam KH Bisri Syansuri. Tokoh pendiri NU itu merupakan kakek Gus Im dari garis keturunan ibunya, Nyai Solichah Wahid. Pemakaman jenazah Gus Im diakhiri dengan pembacaan tahlil secara berjamaah.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho